Digitalisasi Siaran, TV Lokal Semakin Diuntungkan

Era digitalisasi akan segera hadir dengan mulai dilakukannya migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital mulai april 2022 ini. Meski terbebani dengan biaya penggantian alat yang tidak murah dan sewa multiplexing atau MUX. Namun migrasi siaran TV ke digital justru akan banyak keuntungan bagi televisi lokal. Karena tiadanya batasan TV lokal maupun TV nasional. Semua TV memiliki level yang setara untuk merebut hati pemirsa televisi, melalui konten dan program yang menarik.

Digitalisasi Siaran, TV Lokal Semakin Diuntungkan
Digitalisasi Siaran, TV Lokal Semakin Diuntungkan

AGROPOLITAN.TV - Pemerintah telah mewajibkan seluruh lembaga penyiaran, melakukan migrasi dari siaran televisi analog menjadi siaran TV digital. Aturan ini merata, termasuk bagi lembaga penyiaran televisi lokal maupun komunitas.

Migrasi siaran TV digital ini tentu berdampak bagi kelangsungan televisi lokal dan TV komunitas di Malang Raya. Salah satunya Agropolitan Televisi (ATV). Sebagai salah satu LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal)  dengan adanya digitalisasi siaran ATV harus menyewa multiplexing atau mux, pada penyedia yang satu di antaranya TVRI. Biaya penyewaan tersebut, dirasa cukup membebani. Terlebih televisi lokal dan komunitas juga harus mengganti seluruh peralatan broadcasting lama(analog) mereka menjadi digital, yang tentunya tidak murah.

Meski demikian Direktur LPPL ATV Drs Nurbani Yusuf mengatakan migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital justru akan menguntungkan televisi lokal. Di samping mengangkat derajat TV lokal untuk setara dengan TV nasional. Juga TV lokal memiliki keunggulan kearifan lokal yang jarang tersentuh TV nasional. Digitalisasi membuat batasan TV lokal maupun TV nasional, hilang. Karena semua TV memiliki level yang setara untuk merebut hati pemirsa televisi, melalui konten dan program yang menarik.  

Lebih lanjut Direktur LPPL aTV menambahkan pihaknya melalui Pemerintah Kota Batu berharap akan dapat keringanan biaya penyewaan MUX. Agar TV lokal dan juga TV komunitas yang memang basisnya bukan untuk komersial bisa terus bertahan. Secara umum TV lokal dan TV komunitas mendukung penuh peralihan dari TV analog ke siaran TV digital. Karena juga dapat memberikan siaran TV dengan kualitas lebih baik, bagi masyarakat.

Ary Punka Aji ATV