Dengan Anggaran yang Besar FTP UB Lengkapi Fasilitas Laboratorium

Di usia yang kini mencapai 24 tahun, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), semakin gagah dengan berbagai prestasinya. Fakultas yang dipimpin Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP ini tercatat paling kreatif dan produktif di UB. Baik dosen maupun mahasiswanya Bahkan FTP UB mengalokasikan sebagian anggaran 4,5 milyar atau 20 persen dari anggaran keseluruhan untuk melenggkapi fasilitas laboratorium di FTP UB.

AGROPOLITAN.TV - Di usia yang kini mencapai 24 tahun, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), semakin gagah dengan berbagai prestasinya. Fakultas yang dipimpin Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP ini tercatat paling kreatif dan produktif di UB. Baik dosen maupun mahasiswanya Bahkan FTP UB mengalokasikan sebagian anggaran 4,5 milyar atau 20 persen dari anggaran keseluruhan untuk melenggkapi fasilitas laboratorium di FTP UB.

Dalam laporannya di Dies Natalis FTP UB ke 24, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, menegaskan diukur dari pencapaian jumlah paten yang didapat. Hingga kini, lebih dari 60 karya produk prototipe maupun produk inovasi dosen dan mahasiswa yang sudah menjadi paten. Menunjukkan bahwa budaya riset di fakultas ini sangat kuat.

Motivasi dosen tidak hanya menjalankan tugas pendidikan dan pengajaran, tetapi juga pada bidang penelitian. Hasil paten menjadi satu bukti bahwa riset maupun luaran penelitian yang mereka lakukan tidak sekedar sampai pada publikasi jurnal bereputasi. Tetapi juga sampai pada proses pembuatan hak cipta atau paten. Tentu ini menjadi nilai positif dari berbagai reputasi yang dicapai FTP UB.

Imam Santoso, MP menyebutkan FTP menjadi kontributor terbesar dari seluruh pengajuan paten UB. Semangat dosen meneliti tidak lepas motivasi dekan untuk tetap produktif.Tugas dosen tidak hanya melaksanakan pendidikan dan pengajaran tetapi juga meneliti dan mengabdi. Sesuai dengan yang ditetapkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam rapat terbuka dan orasi ilmiah di Gedung Samanta Krida, Prof Imam bertekad, satu tahun ke depan, FTP siap melakukan perubahan besar. Salah satunya mencapai nilai akreditasi intemasional bagi seluruh program studi.

Saiful Akbar ATV