CURANMOR Masih Dominasi Angka Kejahatan Di Kota Malang

Angka kejahatan di Kota Malang masih di dominasi kasus pencurian kendaraan khususnya roda dua. Hal tersebut di sebabkan Kota Malang terdapat banyak Anak Kos serta kurangnya kesadaran pemilik kendaraan dalam memarkir kendaraan yang. dua wilayah yang sering menjadi sasaran pencurian wilayah Kecamatan Lowokwaru serta Kecamatan Kedung Kandang.

CURANMOR Masih Dominasi Angka Kejahatan Di Kota Malang
CURANMOR Masih Dominasi Angka Kejahatan Di Kota Malang

AGROPOLITAN.TV- Angka kejahatan di Kota Malang masih di dominasi kasus pencurian kendaraan khususnya roda dua.   Hal tersebut di sebabkan Kota Malang terdapat banyak Anak Kos serta kurangnya kesadaran pemilik kendaraan  dalam memarkir kendaraan yang.Dua wilayah yang sering menjadi sasaran pencurian wilayah Kecamatan Lowokwaru serta Kecamatan Kedung Kandang.

 Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Tinton Yudha Riambodo menegaskan Di kedua kecamatan tersebut banyak kos-kosan yang rata-rata mereka Mahasiswa atau juga bermacam-macam. Kalau kejadian paling banyak di sekitar sore menjelang malam, kalau nggak dini hari.

Aksi kejahatan CURANMOR termasuk dalam kategori kasus kriminal 3C yakni PENCURIAN dengan Kekerasan (CURAS), Pencurian Dengan Pemberatan (CURAT) dan Pencurian Kendaraan Bermotor (CURANMOR).

Jika berdasarkan data rekapan kasus kriminal yang laporannya masuk dan ditangani Satreskrim Polresta Malang Kota, jumlah laporan kasus CURANMOR masih tertinggi jika dibandingkan dengan kasus kategori 3C lainnya.

untuk rekapan Tahun 2021, laporan masuk kasus CURAS sebanyak 5 perkara dan selesai 7 perkara. Lalu laporan masuk kasus CURAT sebanyak 131 perkara dan selesai 99 perkara. Kemudian laporan masuk kasus CURANMOR 278 perkara dan selesai 167 perkara.

dalam beberapa kasus curanmor berdasarkan analisa penyidik Satreskrim Polresta Malang Kota, terkadang tingkat keamanan yang dilakukan oleh pemilik kendaraan masih kurang maksimal. 

Selain itu, di beberapa Tempat Kejadian Perkara (TKP) terkadang pemilik kendaraan lupa mencabut kunci, sehingga kunci masih menempel dan memperbesar peluang pencuri untuk melangsungkan aksi jahatnya.

Saiful Akbar ATV