Cegah Varian Omicron Masuk Batu Satgas Gencarkan Active Case Finding

Guna mengantisipasi dan mencegah masuknya Covid-19 varian Omicron ke Kota Wisata Batu. Satgas Covid-19 Kota Batu terus melakukan langkah antisipatif.  Selain melakukan tracking kasus, satgas juga dengan active case finding.

Cegah Varian Omicron Masuk Batu Satgas Gencarkan Active Case Finding
Cegah Varian Omicron Masuk Batu Satgas Gencarkan Active Case Finding

AGROPOLITAN.TV - Covid-19 varian Omicron sudah masuk ke jawa timur pada hari Minggu kemarin. Orang pertama yang terinfeksi Covid-19 varian tersebut berasal dari Surabaya, dan diketahui terinfeksi usai liburan di pulau dewata Bali.

Guna mengantisipasi  dan mencegah Covid-19 varian Omicron yang salah satu karakternya memiliki intensitas penularan sangat cepat. Pemkot Batu melalui satgas penanganan Covid-19, mulai kencangkan ikat pinggang. Selain dengan melakukan tracking kasus. Satgas juga intensif melakukan active case finding.

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto menjelaskan untuk menanggulangi dan meminimalisir persebaran Covid-19 varian Omicron di Kota Batu, pihaknya akan melakukan active case finding dengan surveilans aktif pada kelompok beresiko.

Rencana selanjutnya,pihaknya bakal melakukan tracing kepada pegawai hotel, resto dan tempat wisata. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu pencegahan agar varian tersebut tak sampai menyebar di Kota Batu.

Lebih lanjut agar masyarakat tak sampai terjangkit varian tersebut Onny menghimbau agar masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat saat melakukan aktivitas. Terutama saat melakukan aktivitas di tempat umum dan bertemu dengan banyak orang.

Untuk diketahui kasus Covid-19 aktif di Kota Batu per 6 Januari 2022 nihil dari total terkonfirmasi sebanyak 3.121 orang. Sedangkan untuk kasus meninggal ada 266 orang dan yang sembuh sebanyak 2.855. Dengan capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 105,64 persen dan dosis dua sebanyak 85,68 persen.

Ary Punka Aji ATV