ByFabs, Usaha Led El Wire Di Tengah Pandemi

Menciptakan peluang usaha yang menguntungkan di masa pandemi ini, memang membutuhkan kreativitas dan keuletan. Di Kota Malang, seorang pemuda bernama Cahyo Yusuf Hermawan, menciptakan karya seni lampu LED El Wire. Dengan usaha ini, ia berhasil menarik minat pelanggan yang rata-rata adalah anak muda.

ByFabs, Usaha Led El Wire Di Tengah Pandemi
ByFabs, Usaha Led El Wire Di Tengah Pandemi

AGROPOLITAN.TV - Cahyo Yusuf Hermawan, seorang pemuda yang menciptakan karya seni lampu LED El Wire. Usaha yang kini bernama ByFabs dikenal sebagai nama produk costumdesign LED El Wire.

Usaha ini sendiri bergerak di bidang dekorasi rumah, ruangan, serta melingkup beberapa peralatan kantor seperti meja, kursi, pagar, kanopi, serta beragam jenis hiasan untuk dinding.

Awalnya kerajinan yang ia geluti bersama temannya, diawali dari coba-coba. Cahyo menjelaskan jika dirinya menggeluti kreasi custom ED El Wire ini baru beberapa bulan saja.

Bahan baku yang ia gunakan berupa akrilik, neon flash, kabel, timah, serta sejumlah perlengkapan lainnya. Harganya setiap  produk tergantung pada tingkat kesulitan pembuatan. Biasanya harganya rata-rata berkisar 265 rupiah setiap centimeter.

Soal ketahanan, Cahyo menjelaskan jika lampu LED El Wire ini memiliki tingkat ketahanan yang cukup lama yakni mencapai 30 ribu jam.

Cahyo juga menjelaskan, pemilihan kreasi lampu LED El Wire ini dipilih karena proses pengerjaannya yang sangat simple. Pertama yang harus dilakukan yakni menentukan desain yang akan dibuat terlebih dahulu, setelah desain jadi, kemudian desain tersebut ditempelkan pada bahan dasaran berupa akrilik.

Selanjutnya akrilik tersebut dilubangi menggunakan bor, barulah setelah itu neon elwire mulai dipasang sesuai dengan desain yang ada dan ditempelkan menggunakan lem. Setelah itu, menyambungkan neon elwire yang sudah terpasang sesuai desain dengan kabel adaptor charger, tahap akhir membersihkan sisa-sisa lem yang menempel serta merapikan desain, dan customsign LED elwire bisa dinyalakan.

Benaya Harobu, ATV