BPC HIPMI Kota Batu Dorong 45 UMKM ikuti Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

BPC HIPMI Kota Batu Dorong 45 UMKM ikuti Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
BPC HIPMI Kota Batu Dorong 45 UMKM ikuti Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Kota Batu - BPC (Badan Pengurus Cabang) HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kota Batu mendorong para pelaku usaha untuk melek perizinan dengan mendaftar di OSS-RBA (Online Single Submission Risk Based Approach). 

Ketua BPC HIPMI Kota Batu, Yogi Triatmajaya mengatakan dengan terdaftar di OSS-RBA pihaknya ingin para pelaku usaha dapat masuk di E-Katalog LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). 

Sehingga para pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang pasar yang ada dengan melakukan proses pengadaan barang dan jasa untuk kebutuhan pemerintah secara transparan dan bersaing sehat. 

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengajukan 45 usaha kategori IKM (Industri Kecil Menengah) dan UKM (Usaha Kecil Menengah). 

"Dimana Pemkot Batu sekarang untuk PO (Purchase Order) pekerjaan tidak usah SPK (Surat Perintah Kerja) sehingga lebih mudah," kata Yogi saat diwawancarai pada Jumat (1/4/2022) di Balai Kota Among Tani.

Namun, pihaknya berharap untuk kebijakan perubahan Perda RTRW (Rencana Tata Ruang dan Wilayah) segera bisa disahkan karena hal itu akan berpengaruh terhadap suatu usaha.

"Kami akan mengkritisi kebijakan yang agak lambat seperti RTRW yang menghambat KRK (Keterangan Rencana Kota), dimana itu unsur awal mengurus perizinan sebelum IMB (Izin Mendirikan Bangunan), sebelum melangkah ke OSS-RBA, SIUP, TDUP dan lainnya," katanya. 

Dia memahami selama ini ada pro dan kontra di masyarakat terkait kebijakan RTRW yang diduga tidak memperhatikan kondisi lingkungan.

Tetapi menurutnya dari sisi kacamata pengusaha bahwa hal itu juga berkaitan dengan pertumbuhan investasi di Kota Batu.

"Ya memang ada pro kontra, tapi kami dari pengusaha harus optimis untuk pemulihan percepatan ekonomi pasca pandemi, kita tidak bisa menunggu kalau ekonomi lumpuh maka masyarakat juga dirugikan," ungkapnya. 

Disisi lain, BPC HIPMI Kota Batu juga akan berupaya bersinergi dengan Pemkot Batu untuk menumbuh dan kembangkan wirausaha baru khususnya UMKM. Utamanya dengan memperbaiki aspek kualitas dan branding produk sehingga menarik menjadi pilihan. 
 
"Sasaran kami di UMKM karena kita ingin menumbuhkan wirausaha baru, kami juga kedepan akan mengadakan seminar-seminar, FGD (Forum Group Discussion), pelatihan diklat dan lainnya," katanya.