Bangkit Dari Pandemi Walikota Launching Desa Berdaya Pandanrejo

Sebagai stimulus untuk bangkit pandemi Covid-19 dan memunculkan potensi asli desa. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur bersama Pemkot Batu, terus memunculkan potensi desa, lewat desa berdaya. Salah satunya Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, yang mendapat predikat desa berdaya lewat wisata strawberry.

AGROPOLITAN.TV - Program desa berdaya merupakan salah satu program Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur bersama Pemkot Batu, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu untuk meluncurkan program dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid 19 terutama di pedesaan. Lewat program desa berdaya ini diharapkan potensi desa bisa kembali terangkat dan perlahan menjadi barometer pemulihan ekonomi di desa.

Seperti yang terlihat di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, yang mendapat predikat desa berdaya lewat wisata strawberry.

Meski sudah pernah di launching sebagai wisata agro, namun karena dampak pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Wisata agro petik strawberry Desa Pandanrejo seakan mati suri, karena minimnya jumlah wisatawan. Atas dasar itulah desa pandanrejo dipilih sebagai salah satu desa berdaya, karena memiliki potensi desa wisata strawberry.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Kepala dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DP3AP2KB) Kota Batu dalam sambutannya mengatakan desa yang terpilih menjadi desa berdaya akan mendapatkan suntikan dana stimulus sebesar 100 juta rupiah dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur, untuk terus mengembangkan potensi perekonomian di desa, untuk bangkit dari pandemi.

Sementara itu perwakilan dari dpmd Pemprov Jatim Zainal Mustafa, menjelaskan bahwa kegiatan desa berdaya ini dilaksanakan untuk menghadapi pandemi. Program ini disalurkan kepada 151 desa di Jawa Timur, termasuk lima desa di Kota Batu. Desa Pandanrejo merupakan salah satu dari lima desa di Kota Batu yang mendapatkan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) program desa berdaya dari pemerintah Provinsi Jawa Timur. Syarat mendapatkan bkk ini adalah desa yang sudah berstatus mandiri. Program ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi, mengembangkan ikonik desa hingga menguatkan branding desa.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko  dalam arahannya sangat mengapresiasi upaya kepala Desa Pandanrejo yang telah bersungguh-sungguh dalam membangun desanya demi kesejahteraan warganya. Dewanti berharap tidak hanya gebyar saat launching saja, tetapi juga harus terus diisi dengan kegiatan lainnya yang inovatif dan kreatif untuk menarik wisatawan dan warga sekitar Kota Batu. Sehingga perputaran ekonomi desa bisa maksimal.

Abdul Manan kepala Desa Pandanrejo menjelaskan bahwa Desa Pandanrejo mengembangkan ikon sebagai desa penghasil strawberry dan sekaligus sebagai lumbung strawberry. Dengan dijadikannya Desa Pandanrejo menjadi desa berdaya lumbung strawberry, semoga bisa bermanfaat bagi warga Desa Pandanrejo untuk bisa berdaya dan berjaya.

Launching desa berdaya Pandanrejo, lumbung strawberry. Sendiri ditandai dengan pengenalan produk produk olahan dari bahan strawberry yang sudah dikembangkan oleh Bumdes, Karang Taruna, PKK serta warga Desa Pandanrejo. Mulai dari minuman sari buah strawberry. Serta sejumlah kuliner lainnya yang menggunakan bahan buah strawberry.

Ary Punka Aji ATV