Awas Pinjol Ilegal,Kenali Pinjol Legal Dan Ilegal

Di era yang serba teknologi ini masyarakat dituntut lebih cerdas dan pintar dalam bermedia sosial, karena berbagai modus aksi kejahatan sangat marak, termasuk diantaranya penawaran pinjaman online (pinjol) yang masih kerab memakan korban. Masyarakat harus tahu dan memahami perusahaan peminjam uang yang ilegal sehingga tidak terjebak ke dalam penipuan tersebut.

Awas Pinjol Ilegal,Kenali Pinjol Legal Dan Ilegal
Awas Pinjol Ilegal,Kenali Pinjol Legal Dan Ilegal

AGROPOLITAN.TV- Di era yang serba teknologi ini masyarakat dituntut lebih cerdas dan pintar dalam bermedia sosial, karena berbagai modus aksi kejahatan sangat marak, termasuk diantaranya penawaran pinjaman online (pinjol) yang masih kerab memakan korban. Masyarakat harus tahu dan memahami perusahaan peminjam uang yang ilegal sehingga tidak terjebak ke dalam penipuan tersebut.

Dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama satgas waspada investasi terus melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir peredarannya maupun korbannya. Hal itu yang disampaikan kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri .

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Menurut sugiarto ,“ketika masyarakat akan melakukan transaksi peminjaman uang secara online pastikan dulu bahwa penyedia jasa tadi adalah yang terdaftar dan berijin di ojk atau tidak,Kemudian yang kedua, gunakan pinjaman untuk kebutuhan yang profuktif jangan yang konsumtif, kenapa, karena untuk yang konsumtif tentua akan menjadi beban lebih berat bagi masyarakat, tapi kalau produktif itu bisa menghasilkan manfaat dan tentunya bisa digunakan sesuai dengan untuk keperluan suatu usaha. Dan ketiga yang terpenting pinjam sesuai dengan kemampuan.

Sugiarto menambahkan, Saat ini jumlah pinjaman online (pinjol) legal yang terdaftar dan berizin dari OJK mencapai 104 penyelenggara.OJK mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan jasa penyelenggara fintech lending atau pinjol yang sudah terdaftar dan berizin dari OJK. "Hubungi Kontak OJK 157 melalui nomor telepon 157 atau layanan whatsapp 081 157 157 157 untuk mengecek status izin penawaran produk jasa keuangan yang Anda terima.

Sementara KBO satreskrim polresta malang kota iptu Nur wasis menjelaskan,selama massa pandemi covid 19, banyak laporan pengadusn dari masyarakat yang terjerat pinjaman online ileqal.Umumnya dalam. laporan tersebut ,warga yang terjerat pinjol , merasa di tekan bahkan diancam oleh pihak pinjol.

AKBAR ATV