Akademisi Nilai Migrasi Siaran TV Digital Banyak Keuntungan

Sesuai dengan amanat undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, siaran televisi analog akan beralih ke siaran televisi digital. Terkait hal itu, kalangan akademisi di Kota Malang sangat mendukung migrasi siaran TV digital ini. Selain masyarakat bisa mendapat kualitas siaran TV yang berkualitas juga adanya beragam konten menarik dari siaran televisi digital.

Akademisi Nilai Migrasi Siaran TV Digital Banyak Keuntungan
Akademisi Nilai Migrasi Siaran TV Digital Banyak Keuntungan

AGROPOLITAN.TV - Pemerintah melalui Kementerian k\Komunikasi dan Informatika, pada tahun 2022 ini, akan mewajibkan siaran televisi beralih ke sistem televisi digital, sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja. Dengan adanya Analog Switch Off (aso) atau migrasi siaran televisi analog ke televisi digital, masyarakat bisa mendapat banyak keuntungan. Yakni gambar lebih jernih, suara bagus serta canggih teknologi.

Percepatan migrasi siaran televisi analog ke siaran televisi digital, sendiri disambut baik dari kalangan akademi di Kota Malang. Menurut pakar komunikasi dan dosen Universitas Muhammadiyah Malang, Sugeng Winarno. Dengan berlakunya siaran televisi digital masyarakat bisa mendapatkan beragam konten menarik, sehingga masyarakat akan kaya informasi. Sementara untuk mata kuliah di jurusan komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, secara khusus tidak mengajarkan bagaimana proses televisi digital. Tetapi, mahasiswa komunikasi diajarkan tentang pembuatan program televisi. Sehingga para mahasiswa mampu membuat konten yang menarik dan tentunya tidak meninggalkan kearifan lokal dan budaya Indonesia.

Dengan adanya migrasi siaran analog ke siaran TV digital, secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas pendidikan dan perekonomian, diantaranya dengan membuka banyak peluang bagi pembuat program televisi atau konten creator.

Migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital sendiri akan dilakukan dalam tiga tahap 30 April 2022, 25 Agustus 2022 dan tahap terakhir 2 November 2022. Untuk di wilayah Malang Raya, migrasi siaran analog ke siaran televisi digital masuk pada tahap tiga, yakni pada bulan November mendatang.

Ary Punka Aji ATV