Ajak Perempuan Desa Giripurno Berdaya Rotary Batu Gelar Women Empowerment

Ajak perempuan desa mandiri dan berdaya, Rotary Club Of Batu menggelar women empowerment yang dirupakan pelatihan bagi kelompok perempuan Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Pelatihan difokuskan pada pembuatan eco enzym beserta turunannya, agar memiliki nilai manfaat dan ekonomis, sehingga mampu memberi nilai tambah bagi keluarga. Tak hanya pembuatan eco enzym. Perempuan desa giripurno juga diajak merdeka dan sehat secara mental bareng HIMPSI Malang Raya.

Ajak Perempuan Desa Giripurno Berdaya Rotary Batu Gelar Women Empowerment
Ajak Perempuan Desa Giripurno Berdaya Rotary Batu Gelar Women Empowerment

AGROPOLITAN.TV - Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap pemberdayaan perempuan desa. Rotary Club Of Batu menggelar women empowerment dengan mengajak perempuan desa mandiri dan berdaya.

Acara yang dihadiri Walikota Batu Dewanti Rumpoko ini digelar di Café Omah Petruk Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Rotary Club Of Batu menggelar pelatihan pembuatan dan pemanfaatan eco enzim. Eco enzym adalah pengolahan sampah dapur atau rumah tangga yang difermentasi untuk menghasilkan cairan yang bermanfaat. Eco enzym sendiri memiliki produk turunan yang dapat digunakan sebagai pupuk cair organik tanaman, campuran deterjen, pembersih lantai, pembersih sisa pestisida, pembersih kerak dan sebagai bahan spa.

Presiden Rotary Club Of Batu Mieke Lestari menjelaskan bahwa melalui pemberdayaan perempuan ini diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup dan keterampilan perempuan desa. Sehingga mereka memiliki bekal untuk mandiri. Selain membuat eco enzym, rotary juga memberi pendampingan kegiatan lain diantaranya dengan memanfaatkan limbah botol dan membuat masker dari kain perca yang dijahit dengan tangan.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko yang juga merupakan honorary member Rotary Club, menyambut baik dengan adanya kegiatan ini, memperdayakan perempuan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekecil apapun ilmu yang diberikan, manfaatnya luar biasa. 

Sementara itu Kades Giripurno Suntoro berterimakasih program pelatihan dan pemberdayaan perempuan desa ini bisa digelar di desanya. Sehingga perempuan Desa Giripurno bisa mendapat ilmu yang bermanfaat untuk bisa mandiri dan berdaya.

Pelatihan pembuatan eco enzym ini sendiri diikuti oleh kelompok perempuan Desa Giripurno, anggota PKK desa, member Rotary Batu dan juga sejumlah member Rotary dari Surabaya. Pelatihan eco enzym diberikan langsung oleh Gung Endah aktivis lingkungan sekaligus mentor eco enzym.  

Tak hanya pembuatan eco enzym. Perempuan Desa Giripurno juga diajak merdeka dan sehat secara mental bareng HIMPSI Malang Raya.

Ary Punka Aji ATV