Ada Oplet Si Doel Di Museum Motor Klasik SMK NMC Kota Malang

Di Kota Malang, ada Museum Motor Klasik yang dikelola oleh para guru dan siswa, SMK NMC Kota Malang. Sebanyak 400 kendaraan klasik, memenuhi gedung museum ini, salah satunya adalah kendaraan yang mana dulunya familiar dalam sinetron lawas Indonesia, yang berjudul “Si Doel Anak Sekolahan”.

Ada Oplet Si Doel Di Museum Motor Klasik SMK NMC Kota Malang
Ada Oplet Si Doel Di Museum Motor Klasik SMK NMC Kota Malang

AGROPOLITAN.TV - Museum Motor Klasik yang beralamat di Jalan Simpang Candi Panggung Nomor, 133, Tunggul Wulung, Kota Malang ini, merupakan museum yang dikelola oleh para guru dan siswa, di SMK National Media Center atau NMC Kota Malang.

Tempat ini sangat menarik perhatian. Pasalnya, museum ini menyimpan koleksi sekitar 400 kendaraan klasik yang dibuat pada jangka waktu tahun 1930 hingga 1990. Kendaraan seperti skuter serta sejumlah opelet dapat ditemukan di tempat ini. Museum ini juga mencatat rekor sebagai Museum Motor Klasik pertama, yang dimiliki oleh SMK dari Museum Rekor Indonesia atau Rekor MURI.

Kepala Museum SMK NMC, Azhar Arkho mengaku dalam proses restorasi, seluruh pekerjaan tersebut dikerjakan oleh internal sekolah yang melibatkan para guru dan siswa. Dengan adanya museum ini, ia berharap agar dapat menjadi sarana edukasi tentang sejarah perjalanan kendaraan klasik di Indonesia.

Sementara itu, diantara ratusan kendaraan klasik. Salah satu kendaraan yang paling ikonik, adalah opelet Si Doel, yang mana dulunya kendaraan ini familiar dalam sinetron lawas Indonesia, yang berjudul “Si Doel Anak Sekolahan”.

Rano Karno selaku pemilik Opelet Si Doel menjelaskan, bahwa ia menghibahkan kendaraan opelet miliknya pada museum ini, karena ia percaya nantinya museum ini dapat membawa manfaat yang baik bagi generasi yang akan datang. Rano Karno juga menambahkan bahwa nantinya kendaraan klasik di tempat ini, akan menjadi acuan bagi para siswa untuk terus berkreasi.

Benaya Harobu, ATV