Expo Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Bantu Bangkitkan Ekonomi Para Pelaku UMKM

Sebanyak 75 stand pariwisata dan ekonomi kreatif dari berbagai daerah ditampilkan dalam event Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara yang digelar di halaman Balaikota Amongtani Kota Batu. Dimana event tersebut tentu membawa angin segar bagi para pelaku UMKM untuk bangkit kembali pasca pandemi covid 19. Salahsatunya seperti yang dirasakan para pelaku UMKM yang menjual produk olahan dari porang.

Expo Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Bantu Bangkitkan Ekonomi Para Pelaku UMKM
produk UMKM hasil dari pertanian rakyat

AGROPOLITAN. TV- Kota Batu. Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara yang digelar di halaman Balaikota Amongtani Kota Batu. Menampilkan sebanyak 75 stand pariwisata dan ekonomi kreatif dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari potensi wisata unggulan, kesenian, kebudayaan, hingga produk unggulan UMKM. Momen ini tentu membawa angin segar bagi para pelaku UMKM untuk bangkit kembali pasca pandemi covid 19. Seperti yang dirasakan salahsatu pelaku UMKM Area Model Konservasi Edukasi (AMKE) yang tergabung dalam kelompok tani hutan panderman Desa Oro – Oro Ombo Kota Batu, Sutiyem mengaku terbantu dengan adanya even ini, karena bisa memperkenalkan produknya kepada masyarakat secara luas. 

Dimana dalam kesempatan ini pihaknya menampilkan produk unggulannya yakni produk hasil pertanian dari tanaman porang yang diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan maupun minuman. Diantaranya seperti bakso porang dengan harga satu paket 15.000 rupiah, stick porang dengan harga 15.000 per 100 gram, ice cream porang seharga 5000 rupiah, pudding porang seharga 4000 rupiah, dan juga terdapat makanan bakso porang berbentuk frozen yang terdiri dari pentol, tahu, siomay dengan harga 20.000 per bungkusnya. Tak hanya olahan porang, Area Model Konservasi Edukasi (AMKE) juga menyediakan berbagai produk olahan dari labu yang dijadikan sebagai stik labu dan beberapa jenis varian labu lainnya. Maka dari itu Sutiyem berharap melalui even yang digelar Dinas Pariwisata Kota Batu selama tiga hari ini penjualan produk olahan porang dapat lebih meningkat lagi.

Jurnalis : Violan Ikhwanda

Editor    : Lusia Sinta