Cegah Krisis Pangan, Urban Farming Solusinya

Sementara Wakil Walikota Malang Ir. Sofyan Edy Jarwoko mengapresiasikan adanya lomba kampung urban farming yang di gagas dispangtan kota Malang. Menurut Sofyan menghadapi krisis pangan yang terjadi secara global saat ini, urban farming menjadi salah satu solusi untuk tetap bisa bertahan secara mandiri maupun bersama menghasilkan produk pangan dari lingkungan sekitar dengan memanfaatkan lahan sempit yang ada khusunya di perkotaan.

Cegah Krisis Pangan, Urban Farming Solusinya

Judul: Cegah Krisis Pangan, Urban Farming Solusinya

Lead

Sementara Wakil Walikota Malang Ir. Sofyan Edy Jarwoko mengapresiasikan  adanya lomba kampung urban farming yang di gagas dispangtan kota Malang. Menurut Sofyan menghadapi krisis pangan yang terjadi secara global saat ini, urban farming menjadi salah satu solusi untuk tetap bisa bertahan secara mandiri maupun bersama menghasilkan produk pangan dari lingkungan sekitar dengan memanfaatkan lahan sempit yang ada khusunya di perkotaan.

Sementara Wakil Walikota Malang Ir. Sofyan Edy Jarwoko mengapresiasikan  adanya Lomba kampung urban farming Yang di gagas dispangtan Kota Malang. Menurut Sofyan menghadapi krisis pangan yang terjadi secara global saat ini, urban farming menjadi salah satu solusi untuk tetap bisa bertahan secara mandiri maupun bersama menghasilkan produk pangan dari lingkungan sekitar dengan memanfaatkan lahan sempit yang ada khusunya di perkotaan.

Menurut Edy dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumah, dengan menanam jenis tanaman baik buah sayur atau tanaman toga, otomatis akan mengurangi  pengeluaran uang belanja keluarga, bahkan jika hasil dari produk tanaman tersebut bisa di olah menjadi makanan atau minuman olahan, maka akan menjadi sumber penghasilan bagi keluarga.

wwncr. Ir Sofyan Edy Jarwoko. Wakil Walikota Malang

Perlu diketahui, urban farming adalah bentuk pertanian perkotaan menanam makanan di daerah perkotaan di darat, biasanya di halaman belakang atau di tanah kosong, tetapi terkadang ruang terabaikan seperti median jalan, yang biasanya tidak didedikasikan untuk memproduksi makanan.

Urban farming paling sering ditemukan di daerah perkotaan yang telah mengalami beberapa tingkat penurunan, di mana ruang tersedia dan tidak mahal.

Ada banyak tantangan unik untuk pertanian perkotaan yang tidak ada dengan pertanian pedesaan konvensional. Ruang adalah yang utama, bersama dengan polutan yang unik di kota dan terbatasnya pencahayaan alami.

Pertanian perkotaan dapat mencakup pertanian atap atau penanaman lahan kosong. Hampir semua kasus pertanian perkotaan, beberapa bentuk berkebun intensif atau vertikal harus dimanfaatkan karena keterbatasan ruang.

Rumah kaca juga merupakan bentuk pertanian perkotaan yang populer saat ini.

Selain dapat memperkuat rasa kebersamaan, konsep  urban farming juga dapat menciptakan budaya gotong royong dalam lingkungan masyarakat kota. Tidak hanya sekadar kegiatan pemberdayaan komunitas, urban farming  juga dapat menunjang kondisi ekonomi masyarakat melalui pemasaran hasil panen.

Jurnalis : Akbar

Editor    : Lusia Sinta