19191 Peserta Seleksi PPK di Jawa Timur, Jalani Tes Tulis Berbasis Aplikasi

19191 Peserta Seleksi PPK di Jawa Timur, Jalani Tes Tulis Berbasis Aplikasi
19191 Peserta Seleksi PPK di Jawa Timur, Jalani Tes Tulis Berbasis Aplikasi

AGROPOLITAN.TV, Kota Batu,Jawa Timur- Komisi pemilihan umum (KPU) masing masing daerah serentak menggelar tes tulis bagi calon panitia pemilihan kecamatan (PPK). Para peserta tes tulis seleksi calon PPK ini menjalani tes tulis setelah di nyatakan lolos seleksi adminitrasi dan melengkapi berkas.

Sedikitnya sebanyak 19191 orang pendaftar rekrutmen panitia pemilihan tingkat kecamatan (PPK) yang telah lolos mengikuti tahapan seleksi adminitrasi menjalani test tulis berbasis aplikasi terpusat di Pusdatim.

Adapun materi tes tulis yang di ujikan antara lain tes seputar pengetahuan tentang pemilihan umum dan integritas.

Tidak hanya itu tes tulis ppk yang di selenggarakan secara serentak  di masing masing KPU Kabupaten/Kota ini peserta tes juga harus mengisi  tentang wawasan kebangsaan dalam aplikasi yang ter injek diseluruh server lokal masing masing mitra kpu kabupaten/kota.Hal ini di sampaikan Rochani Bagian Hukum dan SDM KPU Jawa Timur saat mengunjungi tes tulis peserta seleksi PPK di Kota Batu, Selasa (6/12/2022).

Ketua KPU Kota Batu Mardiono membenarkan, jika tahapan tes tulis seleksi PPK ini semua terpusat di KPU RI.

"Benar, kita KPUD hanya sebatas pelaksanaan di daerah, untuk system hingga materi soal tes tulis hingga wawancara serta hasil nya terpusat di KPU RI," ujar Mardiono.

Lebih lanjut Rochani bagian Hukum dan SDM KPU Jatim menambahkan, bahwa animo peserta seleksi PPK 666 kecamatan di jawa timur cukup tinggi, awalnya yang aktivasi akun itu mencapai 30 ribu lebih.Namun kemudian turun 28 ribu, untuk yang 28 ribu mereka telah menyerahkan berkas,kemudian setelah di lakukan verifikasi adminitrasi peserta yang lolos menjadi 19191orang yang saat ini menjalani tes tulis.

"Padahal kebutuhan PPK di masing masing kecamatan hanya 5 orang di kalikan 666 kecamatan di jawa timur mencapai 3330 orang yang bakal di terima dan mereka yang lolos berbagai tahapan rekrutmen PPK," ujar Rochani.

Setelah seleksi tertulis mereka yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahapan wawancara, didalam wawancara itu materi yang akan di tanyakan tidak hanya soal kemampuan pengetahuan kepemiluan tapi apabila ada tanggapan atau masukan masyarakat nanti akan dikonfirmasi saat wawancara.

"Kemudian setelah lolos tes wawancara, akan kami tentukan 10 besar, masing-masing urutan 1-5 itu calon PPK terpilih, sedangkan 6-10 ialah calon pengganti antar waktu,"pungkasnya (yc).