Wisatawan Masih Abaikan Protokol Kesehatan

Meskipun Kota Batu kembali menyandang status zona merah covid-19, namun antusiasme wisatawan untuk berwisata ke Kota Batu masih cukup tinggi. Sayangnya kepedulian wisatawan terhadap protokol kesehatan masih minim. Banyak wisatawan yang tidak menggunakan masker.

Wisatawan Masih Abaikan Protokol Kesehatan

agropolitan.tv -Meskipun Kota Batu kembali menyandang status zona merah covid-19, namun antusiasme wisatawan untuk berwisata ke Kota Batu masih cukup tinggi. Sayangnya kepedulian wisatawan terhadap protokol kesehatan masih minim. Banyak wisatawan yang tidak menggunakan masker.

Setelah pekan lalu mengalami lonjakan jumlah pasien terkonfirmasi positif, Kota Batu kembali dinyatakan sebagai zona merah covid-19. Sebelumnya masih berstatus zona oranye. Namun demikian, status baru yang disandang Kota Batu itu rupanya tak menyurutkan niat wisatawan dari luar daerah untuk tetap berwisata ke Kota Batu.

Terbukti jumlah wisatawan di sejumlah tempat wisata di Kota Batu, terus mengalami peningkatan. Salah satunya seperti di tempat wisata Pemandian Air Panas Cangar yang ada di wilayah Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Setiap hari wana wisata ini tak pernah sepi pengunjung, meski tak sampai terjadi penumpukan karena jumlah pengunjungnya memang dibatasi.

Sayangnya tingkat kepatuhan wisatawan terhadap ketentuan protokol kesehatan di tempat wisata ini masih terbilang minim. Banyak wisatawan yang tak mematuhi aturan wajib menggunakan masker. Khususnya di dalam area wisata pemandian air panas. Umumnya wisatawan hanya memakai masker saat di area pintu masuk saja.

Sejumlah papan peringatan yang berisi himbauan untuk memakai masker serta menjaga jarak, memang sudah dipasang oleh pihak pengelola di sejumlah titik lokasi yang mudah dilihat oleh wisatawan. Namun sayangnya himbauan tersebut kurang diindahkan. Kebanyakan wisatawan tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak saat berendam di air panas.

Padahal data pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Batu terus naik. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Batu per 14 Desember 2020, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi positif ada sebanyak 963 orang. Dengan rincian, pasien aktif sebanyak 98 orang, sembuh 787 orang, meninggal dunia 78 orang.

Oh ya…Pemandian Air Panas Cangar sendiri merupakan wana wisata yang ada di kawasan taman hutan raya (tahura) Raden Soerjo. Setiap wisatawan cukup membayar tiket 15.000 rupiah saja, itupun sudah termasuk biaya parkir motor dan juga asuransi. Pasca dibuka lagi untuk umum, banyak fasilitas baru di tempat wisata ini. Kondisi lokasinya pun kini terlihat lebih bersih dan lebih tertata.

 

 Hasan Syamsuri Atv Melaporkan