Watu Tumpuk, Kawasan Punden Yang Instagenic

Memiliki panorama alam yang indah, membuat kawasan Punden Watu Tumpuk Di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu semakin banyak dikunjungi warga Malang Raya. Mereka tidak hanya datang untuk berswafoto saja, namun ada juga yang menjadikan kawasan Punden Watu Tumpuk sebagai lintasan untuk olahraga sepeda gunung.

Watu Tumpuk, Kawasan Punden Yang Instagenic

agropolitan.tv -Memiliki panorama alam yang indah, membuat kawasan Punden Watu Tumpuk Di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu semakin banyak dikunjungi warga Malang Raya. Mereka tidak hanya datang untuk berswafoto saja, namun ada juga yang menjadikan kawasan Punden Watu Tumpuk sebagai lintasan untuk olahraga sepeda gunung.

Negeri Diatas Awan. Kalimat tersebut seakan menyambut siapa saja yang datang ke kawasan ini. Yap..!! Sesuai dengan tulisan yang tertera, kawasan ini memang sering disebut sebagai sebuah negeri diatas awan. Konon, tempat ini sering diselimuti awan atau kabut yang turun hingga ke permukaan tanah. Karena itu warga setempat menamakan kawasan ini sebagai negeri diatas awan.

Kawasan ini menjadi sangat menarik, lantaran memiliki panorama alam yang begitu indah. Terdiri daerah perbukitan yang dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai lahan pertanian, khususnya komoditas pertanian kentang, wortel dan juga kubis atau kol yang memang merupakan komoditas andalan di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Sekira setahun terakhir, kawasan yang juga dikenal dengan sebutan Watu Tumpuk ini, selalu ramai dikunjungi warga maupun wisatawan di Malang Raya. Khususnya pada pagi hingga sore hari. Umumnya mereka datang ke lokasi ini untuk mencari spot foto yang indah dengan latar belakang lahan pertanian dan juga pegunungan. Biasanya untuk diunggah di media sosial masing-masing.

Oh ya…Nama Watu Tumpuk sendiri disematkan untuk kawasan ini lantaran di sekitar kawasan ini ada sebuah punden yang namanya Punden Watu Tumpuk. Kondisinya sangat terawat dan terlihat sangat disakralkan oleh warga setempat. Kemungkinan punden ini merupakan petilasan dari salah satu leluhur atau nenek moyang dari warga Desa Sumberbrantas.

Karena memiliki panorama alam yang indah, kawasan ini tidak hanya dijadikan sebagai latar untuk berswafoto saja. Setiap akhir pekan, kawasan Watu Tumpuk juga banyak dikunjungi para penggiat olahraga sepeda gunung. Apalagi kawasan Watu Tumpuk lokasinya berdekatan dengan Puncak Brakseng, yang sering dijadikan sebagai lintasan atau jalur untuk bersepeda gunung.

 

 Hasan Syamsuri atv melaporkan