Walikota Tegaskan Wisatawan Harus Kantongi Surat Sehat Rapid Antigen Saat Nataru

Pemerintah Kota Batu, akhirnya mengeluarkan kebijakan kewajibkan tes cepat sebagai syarat untuk melakukan perjalanan wisata ke Kota Batu selama libur natal dan tahun baru. Selain itu Pemerintah Kota Batu akan mengetatkan protokol kesehatan, dengan menutup alun-alun yang selama ini jadi tempat berkumpulnya warga masyarakat dalam merayakan malam pergantian tahun. Langkah ini diambil untuk mengurangi resiko penyebaran covid-19 secara masif saat libur natal dan tahun baru.

Walikota Tegaskan Wisatawan Harus Kantongi Surat Sehat Rapid Antigen Saat Nataru

agropolitan.tv -Pemerintah Kota Batu, akhirnya mengeluarkan kebijakan kewajibkan tes cepat sebagai syarat untuk melakukan perjalanan wisata ke Kota Batu selama libur natal dan tahun baru. Selain itu  Pemerintah Kota Batu akan mengetatkan protokol kesehatan,  dengan menutup  alun-alun yang selama ini jadi  tempat berkumpulnya warga masyarakat dalam merayakan malam pergantian tahun. Langkah ini diambil untuk mengurangi resiko penyebaran covid-19 secara masif saat libur natal dan tahun baru.

Setelah melakukan rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Batu Walikota Batu Dewanti Rumpoko membuat kebijakan baru terkait aturan  libur natal dan tahun baru. Agar wisatawan atau warga masyarakat yang datang ke Kota Batu aman dan nyaman terhindar dari penyebaran virus corona.

Kebijakan tersebut  diputuskan wisatawan yang hendak berkunjung ke Kota Batu harus sudah melakukan rapid test antigen dengan hasil non reaktif. Dan bagi wisatawan yang tidak mengantongi surat rapid akan dipulangkan ke daerah asalnya.

Selain itu jika wisatawan yang tidak mengantongi surat antigen atau rapid test hasilnya non reaktif maka wisatawan tersebut akan dilakukan rapid test.

Tidak hanya bahkan upaya untuk menghindari cluster baru penyebaran covid 19 di Kota Batu. Pemerintah Kota Batu Juga meliburkan semua pedagang kaki lima di kawasan alun-alun  serta melakukan penutupan alun-alun Kota Batu pada malam pergantian tahun.

Meski tidak melarang hotel menerima tamu, namun Pemerintah Kota Batu melarang di semua hotel  untuk mengadakan acara perayaan pergantian tahun. Hal ini dilakukan agar Kota Batu terhindar dari resiko adanya klaster baru, maupun penyebaran covid-19 secara masif saat libur natal dan tahun baru.

Sementara selain melakukan penutupan dan pembatasan kegiatan di malam pergantian tahun Pemerintah Kota Batu juga melakukan pengetatan penerapan protokol kesehatan selama libur natal dan tahun baru dengan melakukan rapid test bagi setiap pengunjung wisatawan yang tidak mengantongi surat rapid test.

 

             Ary Fitriaji atv melaporkan…