Walikota Bagikan Bantuan Beasiswa pada 79 Pelajar Berperestasi Kota Batu

Pemkot Batu melalui Dinas Pendidikan masih terus memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi asal Kota Batu yang ada di Perguruan Tinggi. Tak hanya didalam negeri sejumlah mahasiswa yang sekolah diluar negeri pun juga mendapat bantuan beasiswa. Tahun 2020 ini ada sekitar 79 peserta yang mendapatkannya. Walikota Batu Dewanti Rumpoko berencana membuat komunitas antar mahasiswa yang mendapat beasiswa ini member sumbangsih pemikiran dan juga kritik terhadap pembangunan yang ada di Kota Batu.

Walikota Bagikan Bantuan Beasiswa pada 79 Pelajar Berperestasi Kota Batu

agropolitan.tv -Pemkot Batu melalui Dinas Pendidikan masih terus memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi asal Kota Batu yang ada di Perguruan Tinggi. Tak hanya didalam negeri sejumlah mahasiswa yang sekolah diluar negeri pun juga mendapat bantuan beasiswa. Tahun 2020 ini ada sekitar 79 peserta yang mendapatkannya. Walikota Batu Dewanti Rumpoko berencana membuat komunitas antar mahasiswa yang mendapat beasiswa ini member sumbangsih pemikiran dan juga kritik terhadap pembangunan yang ada di Kota Batu.

Bertempat di Graha Pancasila Balaikota Amongtani Pemkot Batu, Pemerintah Kota Batu  melalui Dinas Pendidikan kembali menyalurkan bantuan beasiswa bagi pelajar/mahasiswa asal Kota Batu yang sedang menuntut ilmu di tingkat Perguruan Tinggi. Pelajar yang dinilai memiliki prestasi ini mendapat bantuan beasiswa beragam dari Pemerintah Kota Batu mulai 5juta rupiah hingga 20 juta rupiah. Nilai ini berdasarkan kebutuhan dan juga domisili pendidikan peserta. Tak hanya didalam negeri sejumlah mahasiswa yang sekolah diluar negeri pun juga mendapat bantuan beasiswa. Tahun 2020 ini ada sekitar 79 peserta yang mendapatkannya.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko dalam sambutannya berencana membuat komunitas antar mahasiswa yang mendapat beasiswa dengan Pemerintah Kota Batu. Tujuannya agar pemikiran kritis adek-adek mahasiswa ini mampu memberi sumbangsih pemikiran dan juga kritik terhadap pembangunan yang ada di Kota Batu.

Dewanti mengaku bangga karena meski berada di desa namun semangat belajar warga Kota Batu cukup tinggi, bahkan diantara penerima bantuan beasiswa, ada sejumlah siswa yang mendapat preastasi yang luar biasa dan juga diantaranya mengajukan beasiswa mandiri ke luar negeri. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachayuningsih M.Si mengatakan mereka yang mendapatkan beasiswa merupakan mahasiswa dan mahasiswi dari jenjang D3/ D4/ S1 dan S2. Baik yang ada di luar negeri dan dalam negeri serta berada di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Tahun 2020 ini total ada 79 peserta yang mendapatkan beasiswa. 

Program bantuan beasiswa ini sendiri ada sejak tahun 2014 lalu. setiap tahunnya ada peningkatan penerima beasiswa karena adanya kemampuan anggaran daerah yang lebih. setiap mahasiswa mendapatkan beasiswa dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Seperti mahasiswa semester awal yakni Rp 5 juta, lalu mahasiswa lama yakni Rp 3,5 juta dan mahasiswa di luar negeri yakni Rp 20 juta.

Tidak ada ketetapan kuota penerima beasiswa tersebut. Namun setiap tahunnya ada usulan baru yang diterima tetapi tentunya ada sejumlah persyaratan yang harus diikuti. Sehingga adanya proses seleksi dengan verifikasi dan validasi. "Pertama yakni warga Kota Batu dengan status keluarga tidak mampu, lalu anak berprestasi dan IP harus diatas 3,00. Serta harus lulus maksimal 8 semester atau 4 tahun untuk S1. dengan adanya beasiswa yang diberikan kepada warga Kota Batu diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Batu, juga wujud keserius Pemerintah Kota Batu dalam menangani dan memajukan dunia pendidikan di Kota Batu.

 

Ary Fitriaji atv melaporkan…