Tim Pemantau Kemenag Mulai Lakukan Verifikasi Ke Madrasah

Tim pemantau dari Kantor Kementerian Agama Kota Batu mulai melakukan verifikasi lapangan, terhadap semua madrasah di Kota Batu yang telah mengajukan izin untuk menggelar pembelajaran tatap muka pada tahun depan. Verifikasi lapangan ini untuk memastikan kesiapan madrasah, terkait ketersediaan sarana dan prasarana protokol kesehatan dan strategi pembelajaran.

Tim Pemantau Kemenag Mulai Lakukan Verifikasi Ke Madrasah

agropolitan.tv -Tim pemantau dari Kantor Kementerian Agama Kota Batu mulai melakukan verifikasi lapangan, terhadap semua madrasah di Kota Batu yang telah mengajukan izin untuk menggelar pembelajaran tatap muka pada tahun depan. Verifikasi lapangan ini untuk memastikan kesiapan madrasah, terkait ketersediaan sarana dan prasarana protokol kesehatan dan strategi pembelajaran.

Salah satu madrasah di Kota Batu yang mendapat kunjungan Tim Pemantau dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu, adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baiturrohmah di Kelurahan Ngaglik. Ini merupakan verifikasi lapangan hari pertama yang dilakukan pihak Kantor Kemenag Kota Batu.

Ada dua tim yang telah dibentuk. Keduanya bertugas secara terpisah dengan sasaran madrasah yang berbeda, agar proses verifikasi lapangan bisa lebih cepat selesai dilakukan. Mengingat jumlah madrasah yang harus diverifikasi ada puluhan, dan lokasinya tersebar di tiga kecamatan se Kota Batu.

Dalam kegiatan verifikasi lapangan ini, yang dilakukan tim monitoring adalah melihat langsung kondisi dan kesiapan madrasah. Khususnya terkait kesiapan sarana dan prasarana protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, tanda petunjuk di lantai, penataan bangku serta strategi pembelajaran.

Semua hal tersebut harus sesuai dengan data yang tertulis di dalam proposal, yang sebelumnya telah disetorkan pihak madrasah ke Kantor Kemenag Kota Batu. Proposal tersebut merupakan surat izin tertulis yang harus diajukan, sebelum madrasah menggelar pembelajaran tatap muka di tahun depan.

Berdasarkan hasil verifikasi lapangan yang telah dilakukan, MI Baiturrohmah termasuk madrasah yang sudah siap menggelar pembelajaran tatap muka. Semua sarana dan prasarana protokol kesehatannya sudah memenuhi syarat, dan secara administrasi juga sudah benar meskipun ada sedikit catatan.

Rencananya, verifikasi lapangan ini akan dilakukan secara marathon, mengingat tahun baru sudah tinggal menghitung hari. Harapannya jika nantinya pemerintah Kota Batu memperbolehkan digelarnya pembelajaran tatap muka, Kemenag Kota sudah memiliki data madrasah mana saja yang sudah siap.

 

 Hasan Syamsuri, Atv Melaporkan