Tak Hanya Ciptakan Alutsista Buat Perang Mahasiswa Poltekad Juga Buat Alat Sprayer Canggih Bantu Penanganan Covid19

Menerima kunjungan Kadispen TNI Angkatan Darat, Brigjen TNI Nefra Firdaus bersama sejumlah awak media. Poltekad Pusdik Arhanud Kota Batu pamerkan Alutsista cangih kreasi Mahasiswa Poltekad. Tak hanya ciptakan Alutsista canggih buat perang, Mahasiswa Poltekad juga buat alat non perang berupa sprayer canggih untuk bantu penanganan covid19.

Tak Hanya Ciptakan Alutsista Buat Perang Mahasiswa Poltekad Juga Buat Alat Sprayer Canggih Bantu Penanganan Covid19

agropolitan.tv -Menerima kunjungan Kadispen TNI Angkatan Darat, Brigjen TNI Nefra Firdaus bersama sejumlah awak media. Poltekad Pusdik Arhanud Kota Batu pamerkan Alutsista cangih kreasi  Mahasiswa Poltekad. Tak hanya ciptakan Alutsista canggih buat perang,  Mahasiswa Poltekad juga buat alat non perang berupa sprayer canggih untuk bantu penanganan covid19.

           Poltekad merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi yang mengacu kepada Sistem Pendidikan TNI AD (Tri Pola Dasar) dan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi Kemendikbud ( Tri Dharma Perguruan Tinggi). Poltekad memiliki 3 prodi terakreditasi B yaitu prodi Teknik Otoranpur, Teknik Elektronik sistem senjata dan Teknik Telkom Militer dan satu prodi masih dalam proses akreditasi yaitu prodi balistik.

            Dalam perkembangannya, Poltekad tidak hanya mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan riset alutsista untuk mendukung tugas Operasi Militeer Perang (OMP) tetapi juga mengembangkan pengetahuan teknologi dan riset untuk mendukung tugas Oprasi Militer Selain Perang (OMSP).

            Menerima kunjungan Kadispen TNI Angkatan Darat, Brigjen TNI Nefra Firdaus bersama sejumlah awak media. Poltekad Pusdik Arhanud Kota Batu pamerkan Alutsista cangih kreasi  Mahasiswa Poltekad. Tak hanya ciptakan Alutsista canggih buat perang,  Mahasiswa Poltekad juga buat alat non perang berupa sprayer canggih untuk bantu penanganan covid19. 

            Beberapa alat teknologi untuk mendukung tugas OMP dan OMSP hasil karya bintara mahasiswa dan organik poltekad akan di tampilkan antara lain : Roket latih kal 70 mm. Ban tanpa udara. Alat robotic dengan sistem autonomous. Alat teknologi karya bintara mahasiswa lainnya ini seperti : alat deteksi datangnya arah tembakan, alat kendali kedudukan personil, traktor sistem remote control dan sejumlah alat lainnya.

            Uniknya sejumlah alat yang dibuat tak hanya alutsista buat perang, namun juga alutsista non perang. Bahkan alat yang dibuat berupa alat canggih untuk penanganan covid19. Seperti alat pengukur suhu tubuh berbasis android. Drone multi fungsi untuk OMP maupun OMSP yang bisa dipakai untuk menyemprotkan disinfektan.

            Dan Poltekad Brigjen TNI Dr Nugraha Gumilar MSc menjelaskan “Hasil karya cipta teknologi dari bintara mahasiswa ini masih bersifat prototype bila akan diproduksi perlu ada perbaikan dan pengembangan selanjutnya. Namun sasaran yang ingin dicapai dari pembuatan alat teknologi tersebut adalah bahwa mereka sudah paham mekanisme kerjanya yang terdiri dari input-proses-output, mereka paham teori dan prakteknya membuat alat tersebut, dengan demikian mereka menguasai ilmu pengetahuan teknologi dasarnya membuat alat tersebut.”

 

             Ary Fitriaji Atv melaporkan…