Sungai Bukan Tong Sampah, Kodim 0833 Ajak Masyarakat Ikut Peduli Jaga Kebersihan

Kodim 0833 Kota Malang mengajak seluruh elemen masyarakat, organisasi ke masyarakatan bersama TNI ikut menjaga habitat di daerah aliran sungai atau Das. Terlebih memasuki peralihan musin ke musim penghujan, Komandan Kodim 0833 Letkol Arm Ferdian Primadona menghimbau masyarakat tidak membuang sampah di sungai karena sungai bukan tong sampah.

Sungai Bukan Tong Sampah, Kodim 0833 Ajak Masyarakat Ikut Peduli Jaga Kebersihan

agropolitan.tv (131020) -Kodim 0833 Kota Malang mengajak seluruh elemen masyarakat, organisasi ke masyarakatan  bersama TNI ikut menjaga habitat di daerah aliran sungai  atau Das.   Terlebih memasuki peralihan musin ke musim penghujan, Komandan Kodim 0833 Letkol Arm Ferdian Primadona menghimbau  masyarakat tidak membuang sampah di sungai karena sungai bukan tong sampah.

Hal tersebut di ungkapkan langsung oleh Komandan Kodim 0833 Letkol Arm Ferdian saat meminpin  apel HUT TNI yang ke 75 dan pembinaan lingkungan hidup  serta pelaksanaan kerja bakti bersih bersih sungai Joyo Suko Kecamatan Merjosari Kota Malang.   Menurut Ferdian, sungai merupakan bagian dari lingkungan yang habitatnya perlu di jaga oleh segenap  lapisan masyrakat .
    
Menjaga habitat di daerah aliran sungai merupakan  tanggung jawab bersama.  Mengingat indikasi kerusakan lingkungan bisa di lihat dari kondisi  air yang mengalir di sungai.   Jika kondisi air bersih , bisa di pastikan  habitat di  sekitar wikayah sungai  masih terjaga, begitu pula sebaliknya, jika airnya keruh, sudah bisa di pastikan habitat di sekitaran sungai tersebut rusak.
    
Bakyak faktor yang menyebabkan kerusakan di wilayah daerah aliran sungai, salah satunya adalah budaya membuang sampah yang acap kali mengakibatkan sungai menjadi kotor.    Ferdian sendiri tidak memungkiri jika  sampai saat ini sebagian warga masih menganggap sungai adalah tempat pembuangan akhir, sehingga    banyak  aliran sungai yang tersumbat oleh sampah atau limbah rumah tangga baik itu organik terlebih anorganik .

Untuk itu Ferdian mengajak mulai saat ini, masyarakat bisa mengubah pola hidup lebih peduli pada  lingkungan sekitar minimal  tidak membuang sampah di sungai dan menjaga ekosistem .Aksi bersih lingkungan serta tanam pohon dan tebar benih ikan  di daerah aliran sungai ini sendiri di ikuti oleh unsur TNI, Organisasi Pemuda Pancasila, DLH, relawan peduli lingkungan ,Baskomas, Mahasiswa dan warga sekitaran lingkungan Joyo Suko.

Akbar Atv Melaporkan