Stok Pangan Kota Batu Aman Sampai Akhir Tahun

Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu memastikan ketersediaan pangan di Kota Batu aman hingga akhir tahun. Bahkan 12 komoditi kebutuhan pangan kini sudah surplus.

Stok Pangan Kota Batu Aman Sampai Akhir Tahun

agropolitan.tv -Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu memastikan ketersediaan pangan di Kota Batu aman hingga akhir tahun. Bahkan 12 komoditi kebutuhan pangan kini sudah surplus.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Wiwik Nuryati, mengungkapkan jika saat ini stok pangan di Kota Batu memang mengalami surplus. Meskipun harga beberapa komoditas kini juga masih mengalami fluktuasi.
 
Namun hal ini terbilang lumrah karena kondisi perekonomian sedang tidak menentu, meskipun stok sembilan bahan pokok masih bisa didapatkan masyarakat. Tercukupinya ketersedian pangan di Kota Batu bisa dilihat dari data stok pangan di September lalu.
 
Untuk ketersediaan beras ada 1.662 ton, jagung 77 ton, kedelai 222 ton, daging sapi 110 ton, daging ayam 182 ton, telur ayam 160 ton, gula 214 ton, minyak goreng 177 ton, bawang merah 67 ton, bawang putih 63 ton, cabe besar 33 ton, cabe rawit 38 ton.
 
Menurut Wiwik, ada suplai yang melimpah sedangkan kebutuhan yang diminta pasar relatif rendah. Permintaan yang masih rendah itu berimbas pada stabilnya stok bahan pangan. Apalagi penyaluran dari distributor berjalan lancar.
 


 
Wiwik menjelaskan, selain dipasok oleh produksi dari petani lokal, ada juga stok bahan pangan yang dipasok dari luar daerah. Tujuannya agar stok bahan pangan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.
 
Wiwik menambahkan, Perkiraan stok bahan pangan aman hingga akhir tahun tersebut didasarkan pada rata-rata ketersediaan pangan per bulan dikalikan dengan jumlah penduduk Kota Batu.
 
Hasan Syamsuri, Atv, Melaporkan