SLB Eka Mandiri Tetap Jalankan Pembelajaran Vokasi Di Masa Pandemi

Penyandang disabilitas, sebelum masa pandemi covid-19, butuh penanganan khusus. Apalagi saat pandemi berlangsung, sudah pasti membutuhkan protokol kesehatan yang sesuai anjuran pemerintah. Atas dasar itulah pihak sekolah luar biasa yayasan Eka Mandiri kota Batu, memberanikan diri tetap melakukan pendampingan pembelajaran bagi siswanya, di masa pandemi ini. Pembelajaran lebih difokuskan pada terapi psikologis dan vokasi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari cuci tangan, wajib memakai masker dan jaga jarak dengan membatasi jumlah siswa yang masuk tiap harinya.

SLB Eka Mandiri Tetap Jalankan Pembelajaran Vokasi Di Masa Pandemi

agropolitan.tv -Penyandang disabilitas, sebelum masa pandemi covid-19, butuh penanganan khusus. Apalagi saat pandemi berlangsung, sudah pasti membutuhkan protokol kesehatan yang sesuai anjuran pemerintah. Atas dasar itulah pihak sekolah luar biasa yayasan Eka Mandiri kota Batu, memberanikan diri tetap melakukan pendampingan pembelajaran bagi siswanya, di masa pandemi ini. Pembelajaran lebih difokuskan pada terapi psikologis dan vokasi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari cuci tangan, wajib memakai masker dan jaga jarak dengan membatasi jumlah siswa yang masuk tiap harinya.

Sekolah menjadi salah satu sektor yang paling terdampak dengan adanya pandemi covid-19. Terlebih sekolah khusus seperti sekolah luar biasa yayasan Eka Mandiri Kota Batu. siswa slb eka mandiri yang merupakan penyandang disabilitas, membutuhkan  penanganan khusus dalam belajar sebelum masa pandemi, terlebih  saat pandemi berlangsung, sudah pasti membutuhkan protokol kesehatan yang sesuai anjuran pemerintah.

Atas dasar itulah pihak sekolah SLB Eka Mandiri Kota Batu mencoba melakukan kebiasaan baru dalam mendampingi siswanya untuk terus belajar di masa pandemi ini. Kepala Sekolah SLB Eka Mandiri Adi Indra mengatakan meski sebenarnya belum diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap muka, namun atas desakan orang tua siswa yang banyak mengeluhkan kesulitan belajar secara daring, terlebih pendekatan terapi psikologis bagi anak anak berkebutuhan khusus yang sulit dilakukan oleh orang tua siswa. Membuat pihak sekolah memberanikan diri menggelar pembelajaran tatap muka di SLB Eka Mandiri kota Batu.

Meski demikian pembelajaran lebih difokuskan pada terapi psikologis dan vokasi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari cuci tangan, wajib memakai masker dan jaga jarak dengan membatasi jumlah siswa yang masuk tiap harinya.

Sebelum memasuki sekolah baik guru, siswa maupun orang tua siswa wajib menjalankan protokol kesehatan, cuci tangan pakai sabun, wajib memakai masker, jalani pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun dan juga menggunakan hand sanitizer.

Pembelajaran banyak dilakukan pada bidang vokasional agar siswa tidak lupa dan tetap kreatif. Pihak sekolah sendiri mengaku kesulitan dalam mengajari para penyandang untuk memahami bagaimana social distancing itu. Juga hal-hal kecil seperti mencuci tangan, merapikan barang pribadi sendiri dan memakai masker. Namun seiring waktu berjalan siswa sudah semakin terbiasa.

Pelajaran vokasional seperti menyablon, berkebun, merajut, menyulam bahkan pembuatan masker dilakukan oleh siswa dengan pendampingan dari guru. Penanganan khusus bagi penyandang disabilitas di masa pandemi Covid 19, mulai dari pendidikan hingga kegiatan sehari-hari. Karena diperlukannya perkembangan bagi para penyandang kegiatan yang tidak bisa terputus begitu saja.

Peran penting orang tua menjadi salah satu kunci pembelajaran bagi siswa disabilitas di masa pandemi ini. Selama belajar dirumah dan daring orang tua wajib mendampingi siswa agar materi pelajaran yang sudah diberikan bisa dipahami oleh siswa.

Meski sudah melakukan adaptasi kebiasaan baru di sekolah selama pandemic ini, baik Guru, Siswa maupun orangtua siswa berharap Sekolah bisa kembali menerapkan pembelajaran tatap muka. Karena selain pembelajaran daring kurang efektif terlebih bagi siswa berkebutuhan khusus. Juga pendampingan dalam belajar sangat diperlukan bagi siswa berkebutuhan khusus ini.

 

Ary Fitriaji atv melaporkan…