Siaga Bencana Musim Hujan dan Lanina BPBD Siapkan Ribuan Personel Gabungan

Walikota Batu bersama Forkopimda Kota Batu mengikuti Apel siaga darurat bencana memasuki musim penghujan 2020/2021. Untuk mengantisipasi munculnya bencana dari musim penghujan dan badai La Nina dampak dari pergantian musim. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu siapkan ribuan personel gabungan. Selain personel gabungan, BPBD juga menyiagakan peralatan berat dan sejumlah sarana prasarana mobilitas dalam penanggulangang bencana.

Siaga Bencana Musim  Hujan dan Lanina BPBD Siapkan Ribuan Personel Gabungan

agropolitan.tv -Walikota Batu bersama Forkopimda Kota Batu mengikuti Apel siaga darurat bencana memasuki musim penghujan 2020/2021. Untuk mengantisipasi munculnya bencana dari musim penghujan dan badai La Nina dampak dari pergantian musim. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu siapkan ribuan personel gabungan. Selain personel gabungan, BPBD juga menyiagakan peralatan berat dan sejumlah sarana prasarana mobilitas dalam penanggulangang bencana.

Mengantisipasi kejadian bencana yang tidak diinginkan memasuki musim penghujan 2020/2021. Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kota Batu menggelar apel siaga darurat bencana. Sebagai upaya kesiapan Menghadapi Bencana  yang timbul dari musim penghujan dan dampak badai La Nina.

Apel yang digelar di halaman Balaikota Among Tani Pemkot Batu ini diikuti personel gabungan dari BPBD Kota Batu, Tni, Polri, Tagana, Karang Taruna, Senkom, PMI, Dinas Kesehatan serta Relawan dan TRC BPBD Kota Batu.

Usai memeriksa kesiapan petugas dan peralatan kedaruratan bencana. Walikota Batu Dewanti rumpoko dalam sambutannya menjelaskan Kota Batu status darurat bencana dari Oktober 2020 hingga April 2021 seiring mulai memasuki musim penghujan. Tak hanya musim penghujan sesuai himbauan  BMKG Indonesia akan terdampak badai La Nina di akhir tahun ini. La Nina meningkatkan hujan 20-40% selama bulan Desember-Februari serta berpotensi menimbulkan bencana dan dampak buruk pada pertanian.

            Potensi Bencana di musim penghujan kali ini berpotensi lebih dikarenakan bebarengan dengan badai La Nina. Dewanti mengajak seluruh pihak untuk terus waspada dan jaga diri. Terlebih dewanti meminta agar masyarakat lebih peduli pada permasalahan disekitar seperti sampah dan kelestarian alam yang semakin berdampak jika bencana terjadi.

            Potensi bencana di Kota Batu dapat dipetakan berupa ancaman tanah longsor, banjir dan juga angin kencang yang sempat menerjang Kota Batu di akhir tahun lalu. 

Personil gabungan nantinya selain memberikan pertolongan kepada masyarakat jika terjadi bencana juga bertugas memberikan edukasi terhadap masyarakat dalam menghadapi bencana. Selain personil gabungan badan penanggulangan bencana daerah kota batu juga mempersiapkan berbagai sarana prasarana lainnya seperti alat berat, kendaraan pengangkut korban atau ambulan, dan sejumlah mobilitas lainnya.

 

Ary Fitriaji Atv Melaporkan…