Sambut HUT Ke-19 Kota Batu Pemkot Kado BPJS Gratis Untuk Warganya

Sambut hari ulang tahun ke-19 Kota Batu, Pemkot Batu kado BPJS gratis untuk warganya. Walikota Batu, Dewanti Rumpoko secara resmi melaunching program Universal Health Coverage (UHC), sekaligus menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolis kepada peserta yang dijamin oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, artinya seluruh warga Kota Batu yang selama ini belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan akan secara otomatis menjadi peserta BPJS secara gratis, karena dijamin oleh Pemkot Batu. program ini, bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Sambut HUT Ke-19 Kota Batu Pemkot Kado BPJS Gratis Untuk Warganya

agropolitan.tv (151020) -Sambut hari ulang tahun ke-19 Kota Batu, Pemkot Batu kado BPJS gratis untuk warganya. Walikota Batu, Dewanti Rumpoko secara resmi melaunching program Universal Health Coverage (UHC), sekaligus menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolis kepada peserta yang dijamin oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, artinya seluruh warga Kota Batu yang selama ini belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan akan secara otomatis menjadi peserta BPJS secara gratis, karena dijamin oleh Pemkot Batu. program ini, bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Kabar gembira bagi warga Kota Batu. menyambut hari ulang tahun ke-19 Kota Batu, Pemkot Batu kado BPJS gratis untuk warganya. Walikota Batu, Dewanti Rumpoko secara resmi melaunching program Universal Health Coverage (UHC), sekaligus menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolis kepada peserta yang dijamin oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, artinya seluruh warga Kota Batu yang selama ini belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan akan secara otomatis menjadi peserta BPJS secara gratis, karena dijamin oleh Pemkot Batu. Program ini, bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Bertempat di kampung lumbung Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Pemkot Batu bareng BPJS Kesehatan menggelar launching Universal Health Coverage (UHC). Hadir dalam launching, Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, Kepala Cabang Pusat BPJS Malang Raya, dr. Dina Diana Permata, Pabung Kodim 0818 Malang - Batu, Mayor Arm. Chairul Effendi, perwakilan dari Kepolisian Resort Kota Batu, serta jajaran Opd Pemerintah Kota Batu dan tamu undangan.

Pada kegiatan yang digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kota Batu ini juga dilakukan penyerahan kartu indonesia sehat (KIS) secara simbolis kepada peserta yang dijamin oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Tujuan pelaksanaan jaminan kesehatan nasional pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memberikan perlindungan kesehatan dalam bentuk manfaat pemeliharaan kesehatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah.

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menyampaikan bahwa hampir seluruh masyarakat Kota Batu telah tertampung layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, tepatnya sebanyak 96,71 persen dari 213 ribu penduduk Kota Batu. Capaian tersebut adalah hadiah bagi Kota Batu yang saat ini tengah merayakan ulang tahun ke-19.            dengan banyaknya warga Kota Batu yang memiliki BPJS Kesehatan, Dewanti berharap ada ketenangan pada masyarakat. Selain itu, Dewanti juga mengingatkan agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan BPJS Kesehatan. 

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, dr. Dina Diana Permata menambahkan, terdapat 5000 penduduk dari 96,71 persen yang belum tercatat. Pihaknya menargetkan pada November mendatang bisa tercatat penuh. BPJS Kesehatan Malang juga menyampaikan sejumlah kendala, salah satunya yakni terkait Nomor Induk Kependudukan, dari 5000 yang belum masuk, 3000 diantaranya sedang diproses di BPJS Kesehatan Malang, sedangkan 2000 lainnya di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Batu.

Meskipun belum menerima fisik kartu, namun warga Kota Batu bisa mengakses layanan kesehatan. Jika warga telah terdaftar maka datanya sudah masuk, sehingga bisa diketahui keanggotaannya. Beberapa warga yang belum menerima kartu tersebut dikarenakan sedang dalam proses percetakan.
Jika program BPJS Kesehatan ini berjalan lancar, atas persetujuan pihak DPRD, Pemkot Batu juga berencana akan memberikan layanan BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2021 mendatang, bagi seluruh warga Kota Batu.
 
Ary Fitriaji Atv Melaporkan