Revitalisasi Rumah Ibadah Untuk Kemakmuran Jamaah

Pandemi Covid 19 yang belum usai, membuat Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Malang melakukan revitalisasi masjid. Program Kantor Kemenag Kota Malang ini sudah berlangsung sejak Maret 2020 lalu dan pada bulan September 2021 menapaki langkah selanjutnya dengan masjid yang menghasilkan ekonomi untuk kemakmuran jamaahnya.

Revitalisasi Rumah Ibadah Untuk Kemakmuran Jamaah
Revitalisasi Rumah Ibadah Untuk Kemakmuran Jamaah

AGROPOLITAN.TV - Pandemi Covid 19 yang belum usai, membuat Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Malang melakukan revitalisasi masjid. program Kantor Kemenag Kota Malang ini sudah berlangsung sejak Maret 2020 lalu, dan pada Bulan September 2021 menapaki langkah selanjutnya dengan masjid yang menghasilkan ekonomi untuk kemakmuran jamaahnya.

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Malang Moh. Rosyad menjelaskan bahwa program revitalisasi adalah bentuk adaptif dari masjid di masa pandemi. Dengan mengusung semangat 'Menebar Kedamaian Dan Kemakmuran, Berawal Dari Rumah Ibadah Untuk Kejayaan Indonesia' itu, Rosyad mengajak masjid untuk merevitalisasi tiga hal. Tiga hal tersebut adalah Idarah yang artinya manajemen, kemudian Imarah yang artinya memakmurkan masjid dan riayah yang artinya menjaga fisik bangunan masjid. Revitalisasi ini memang awalnya untuk merespon terkait adanya fenomena isoman.

Karena pada masa pandemi ini ada jamaah masjid yang terdampak ekonominya karena terbatas aktivitasnya, serta masyarakat yang terdampak ekonomi sekaligus terpapar Covid-19. Dari fenomena itulah, Binmas Kemenag Kota Malang mencanangkan sebuah program bahwa jangan hanya jamaah yang memakmurkan masjid, tetapi masjid juga bisa memakmurkan jamaah. Yaitu melalui revitalisasi ini.

Mulai Bulan September ini, Kemenag mengajak pengurus masjid. Untuk mulai melakukan revitalisasi di tiga hal itu, dan bisa menata ada usaha yang dibangun untuk kemakmuran masjid beserta jamaahnya.

Saiful Akbar ATV