Ratusan Petani Terima Paket Konversi BBM Ke BBG

Sebanyak 170 petani di Kota Batu mendapatkan paket konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG). Paket berupa mesin pompa air tersebut, merupakan hasil dari program kemitraan antara Kementerian ESDM dan Komisi 7 DPR RI.

Ratusan Petani Terima Paket Konversi BBM Ke BBG

agropolitan.tv -Sebanyak 170 petani di Kota Batu mendapatkan paket konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG). Paket berupa mesin pompa air tersebut, merupakan hasil dari program kemitraan antara Kementerian ESDM dan Komisi 7 DPR RI.

Paket konversi dari BBM ke BBG dari Kementerian ESDM dan Komisi 7 DPR RI itu, secara simbolis diserahkan oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko serta perwakilan dari Kementerian ESDM dan Komisi 7 DPR RI di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Junrejo.

Penerima paket konversi ini adalah para petani sasaran di Kota Batu. Jumlah paket konversi yang diterima Kota Batu totalnya 170 paket. Selain disaksikan Walikota Batu, penyerahan paket konversi ini juga disaksikan oleh Wakil Walikota Batu, Ketua DPRD Kota Batu, Kepala Dinas Pertanian dan perwakilan PT Pertamina Persero.

Menurut Kepala Seksi Pengadaan, Pembangunan Infrastruktur Migas, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Bantuan, Mariani, mengatakan, program konversi ini merupakan program kemitraan antara Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menjalankan program energi nasional, sekaligus mewujudkan ketahanan energi dengan diversifikasi energi. Yaitu menyediakan energi alternatif yang bisa digunakan. Khususnya bagi para petani dan juga nelayan di Indonesia.

Sasaran dari program konversi ini adalah para petani yang memenuhi kriteria. Antara lain petani pemilik lahan, memiliki mesin pompa air berbahan bakar bensin, punya KTP, KK, dan Kartu Tani. Petani penerima tidak dipungut biaya apapun karena paket konversi ini memang diberikan secara gratis.

Diharapkan dengan adanya program konversi dari BBM ke BBG ini, dapat memberikan solusi penyediaan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan dan mudah didapat. Selain itu juga merupakan upaya untuk turut serta dalam menyelamatkan lingkungan dengan menekan emisi gas karbon.

 

Hasan Syamsuri Atv Melaporkan