Ramai-Ramai Warga Tulungrejo Buat Jenang Gede Seberat 1 Kwintal

Ramai-ramai warga Dusun Gondang, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu, buat jenang gede untuk memperingati HUT RI ke 76 serta 1 Suro. Pembuatan jenang gede yang digagas oleh Satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas ini sebagai bentuk rasa sujud syukur serta ngawuri-uri budaya adat Jawa dengan mempertahankan salah satu mananan Jawa  berupa jenang gede.

Ramai-Ramai Warga Tulungrejo Buat Jenang Gede Seberat 1 Kwintal
Ramai-Ramai Warga Tulungrejo Buat Jenang Gede Seberat 1 Kwintal

AGROPOLITAN.TV - Ramai-ramai warga Dusun Gondang, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu, buat jenang gede untuk memperingati HUT RI ke 76 serta 1 Suro. Pembuatan jenang gede yang digagas oleh Satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas ini sebagai bentuk rasa sujud syukur serta ngawuri-uri budaya adat Jawa dengan mempertahankan salah satu mananan Jawa  berupa jenang gede.

Dalam pembuatanya warga bersama Linmas bahkan Ikatan Waria Kota Batu saling berjibaku untuk mengaduk adonan jenang gede yang dibuat di atas wajan jumbo berdiameter 1 meter. Mengingat proses pembuatan jenang gede membutuhkan waktu yang cukup lama yakni sekitar 4 sampai 5 jam. Wargapun bergantian dalam proses mengaduk adonan sampai bisa menjadi jenang gede.

Kepala Dusun Gondang menjelaskan pembuatan jenang gede di Desa Tulungrejo hampir dilakukan di semua dusun tidak terkecuali di Dusun Gondang.

Dipilihnya jenang gede mengingat dalam proses pembuatanya tidak bisa dilakukan sendiri melainkan dibutuhkan kerja sama dan tenaga yang cukup basar. Kebersamaan itulah yang menjadi tujuan dari peringatan HUT kemerdekaan ini.

Sementara untuk menyemangati warga dalam pembuatan jenang gede yang cukup memakan tenaga dan waktu ini, Ikatan Waria Kota Batu juga ikut dalam proses mengaduk adonan, bahkan menghibur warga dengan melantunkan lagu .

Sontak dengan kehadiran ketua Iwakoba dan beberapa anggota waria ini, gelaran aduk jenang gede di Dusun Gondang menjadi semarak.

Sementara untuk tetap menjaga protokol kesehatan, dalam gelaran ini petugas dari kepolisian juga diterjunkan guna mengingatkan warga untuk selalu taat prokes, salah satunya dengan menghimbau warga tetap jaga jarak dan menggunakan masker.

   Saiful Akbar ATV