Proyek Kereta Gantung Akan Dilanjutkan

Wacana pelaksanaan proyek kereta gantung di Kota Batu kembali digulirkan Walikota Batu Dewanti Rumpoko. Walikota rencananya akan kembali melanjutkan realisasi proyek kereta gantung, setelah berdialog dengan PT INKA di Balaikota Among Tani Kota Batu, beberapa waktu lalu.

Proyek Kereta Gantung Akan Dilanjutkan

agropolitan.tv -Wacana pelaksanaan proyek kereta gantung di Kota Batu kembali digulirkan Walikota Batu Dewanti Rumpoko. Walikota rencananya akan kembali melanjutkan realisasi proyek kereta gantung, setelah berdialog dengan PT INKA di Balaikota Among Tani Kota Batu, beberapa waktu lalu.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengungkapkan bahwa keterlibatan PT Industri Kereta Api atau PT INKA dengan proyek kereta gantung di Kota Batu, sebenarnya terjadi tanpa kesengajaan. PT INKA yang tanpa sengaja mendengar rencana Pemkot Batu untuk membangun kereta gantung, merasa tertarik untuk ambil bagian. Dalam proyek ini PT INKA akan bertugas melakukan studi kelayakan dan jalur yang akan dilalui kereta gantung.

Terkait hal tersebut, MoU akan segera disusun Pemkot Batu bersama PT INKA, BUMD dan perusahaan asal Austria yakni Doppelmayr Garaventa Group. Mereka semua memiliki tugas masing-masing dalam proyek pembangunan kereta gantung. Draft MoU tersebut sudah ada namun masih akan dipelajari lagi sebelum ditandatangani. Ditargetkan penandatanganan nota kesepahaman itu akan dimulai pada minggu depan. Setelah itu PT INKA akan langsung melakukan studi kelayakan dan setelah itu proyeknya dimulai.

Walikota juga menjelaskan, semula Pemkot Batu mengira jika perizinan pembangunan kereta gantung harus diajukan ke pemerintah pusat. Namun ternyata kebijakan sepenuhnya ada di tangan kepala daerah asalkan syarat-syaratnya telah dipenuhi. Seperti adanya studi kelayakan dan aspek legalitas lahan yang akan digunakan. Ketika pembangunannya sudah selesai, kepala daerah baru melaporkannya ke pemerintah provinsi dan pusat.

Menurut Walikota, jika proyek kereta gantung yang murni dijalankan tanpa dana pemerintah ini sudah terealisasi, pengelolaannya bisa melalui BUMD atau bekerjasama dengan pihak ketiga. Walikota berharap kereta gantung ini nantinya bisa menjadi icon baru di Kota Batu, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Kota Batu. Masyarakat Kota batu juga dimungkinkan bakal bisa turut memiliki saham dari kereta gantung tersebut jika sudah beroperasi.

Sesuai presentasi PT INKA, jarak jalur yang akan dilalui kereta gantung adalah sepanjang 9,6 kilometer. Nantinya akan terdapat 6 stasiun, yakni stasiun A yang direncanakan berada di area Amartahills Hotel & Resort Panderman dan stasiun B ada di area Jatim Park 1. Untuk stasiun C ada di Jatim Park 2, stasiun D ada di Batu Night Spectacular, stasiun E ada di Jatim Park 3, dan Stasiun F ada di Sengkaling Waterpark.

 

Hasan Syamsuri Atv, Melaporkan