PPKM Berkelanjutan Berdampak pada Pelaku Usaha Mikro

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM berkelanjutan, selain mencegah penularan virus Covid 19 juga menghambat roda perekonomian baik yang sifatnya usaha makro terlebih pelaku usaha mikro. Bagi pelaku usaha mikro kecil dan menenggah pemberlakuan PPKM berkelanjutan sampai saat ini dirasa sangat memberatkan.

PPKM Berkelanjutan Berdampak pada Pelaku Usaha Mikro
PPKM Berkelanjutan Berdampak pada Pelaku Usaha Mikro

AGROPOLITAN.TV - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM berkelanjutan selain mencegah penularan virus Covid-19 juga menghambat roda perekonomian baik yang sifatnya usaha makro terlebih pelaku usaha mikro. Bagi pelaku usaha mikro kecil dan menenggah pemberlakuan PPKM berkelanjutan sampai saat ini dirasa sangat memberatkan.

Tri Pungkas salah satunya, pelaku umkm sektor ternak yang biasa memasok hewan jenis unggas ini mengaku selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, permintaan unggas jenis bebek potong maupun ayam sangat potong menurun drastis.

Penurunan dirasakan hampir 50 persen, mengingat dari sebagian rumah makan ataupun warung yang biasa memesan bebek potong ataupun ayam potong mengurangi pesananya akibat PPKM dan pembatasan jam berjualan khusunya pada malang hari.

Sebagai pemasok  jenis unggas yang berada di wilayah Desa Tlekung, pada saat normal Tri Pungkas mengaku bisa memotong unggas baik bebek atau ayam mulai dari 150 sampai 200 ekor per harinya untuk di antar ke rumah makan atau warung lalapan yang ada di wilayah Kota Batu atau kabupaten.

Namun selama pandemi serta pemberlakuan PPKM pesanan sangat menurun drastis dan dirinya hanya mampu menerima pesanan di atas 100 ekor itupun tidak setiap hari. Tri Pungkas pun berharap secepatnya ada kelonggaran bagi para pelaku usaha untuk bisa beraktivitas dengan normal, sehingga roda perekonomian bagi para pelaku usaha seperti dirinya kembali pulih .

Saiful Akbar ATV