Perkuat Mental Pendidikan Karakter MUI Kota Batu Gelar Workshop

Menjalankan peran strategisnya dalam bidang dakwah dan pendidikan akhlak, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batu menggelar workshop pendidikan. Dengan mengangkat tema peningkatan pembelajaran berbasis karakter melalui model pembelajaran OIDDE bagi guru di Kota Batu. MUI Kota Batu berharap agar penguatan pendidikan akhlak harus sejalan dengan pendidikan karakter dan harus didukung semua elemen mulai orang tua, guru hingga lingkungan. Agar berbagai nilai-nilai agama jadi penguat pendidikan karakter dan bisa ditularkan kepada generasi muda.

Perkuat Mental Pendidikan Karakter MUI Kota Batu Gelar Workshop

agropolitan.tv -Menjalankan peran strategisnya dalam bidang dakwah dan pendidikan akhlakMajelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batu menggelar workshop pendidikan. Dengan mengangkat tema peningkatan pembelajaran berbasis karakter melalui model pembelajaran OIDDE bagi guru di Kota Batu. MUI Kota Batu berharap agar penguatan pendidikan akhlak harus sejalan dengan pendidikan karakter dan harus didukung semua elemen mulai orang tua, guru hingga lingkungan. Agar berbagai nilai-nilai agama jadi penguat pendidikan karakter dan bisa ditularkan kepada generasi muda.

            Workshop pendidikan yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batu ini digelar di Hall Hotel Ciptaningati Kota Batu. Dengan mengangkat tema peningkatan pembelajaran berbasis karakter melalui model pembelajaran OIDDE bagi guru di Kota Batu. MUI Kota Batu Menjalankan peran strategisnya dalam bidang dakwah dan pendidikan akhlak.

            Workshop pendidikan karakter ini sendiri diikuti oleh perwakilan guru se Kota Batu mulai tingkat madrasah hingga tsanawiyah.

            Ketua MUI Kota Batu KH Abdullah Tohir mengatakan pelaksanaan pendidikan yang ada saat ini masih perlu ditingkatkan dalam penguatan karakter. Ia berpendapat, ada tiga karakteristik dalam Islam yang dapat dijadikan karakter pendidikan. Mulai pendidikan berlandaskan Tuhan, akhlak dan pendidikan yang seimbang. Pertama, orientasi atau tujuan dari pendidikan berlandaskan ketuhanan. Kedua, pendidikan didirikan di atas akhlakul karimah. Moral dan etika menjadi pelengkap dari akhlak tersebut. Terakhir, pendidikan yang berkarakter yang tidak radikal, tidak ekstrim tapi seimbang. Ketiganya jika diaplikasikan dapat memperkuat pendidikan karakter. 

            Menghadirkan dua pemateri dari MUI Kota Batu diantaranya, model pendidikan Islam di era milenial yang dibawakan oleh Drs H Khoirudin SPd yang menyoroti pentingnya pendidikan yang diadaptasi sesuai dengan gaya dan keinginan millennial yang tidak meninggalkan model pendidikan islam.          

            Serta pengenalan pendidikan OIDDE oleh Dr. Atok Miftachul Huda Mpd. Pendidikan karakter melalui proses pembelajaran agar nilai pendidikan karakter dan akhlak bisa muncul dalam proses pendidikan. bahwa model pembelajaran berbasis karakter tidak dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, sehingga nilai-nilai karakter yang dituliskan di rencana pelaksanaan pembelajaran hanya formalitas. Dasar utama tidak dapatnya nilai-nilai karakter diimplementasikan dalam pembelajaran karena guru belum menemukan model pembelajaran yang tepat. 

            Model pembelajaran OIDDE mampu meningkatkan pengetahuan bioetika, sikap. perilaku etis, dan Kemampuan mengambil keputusan etis. Menambah khazanah model, strategi, metode dan media pembelajaran, sehingga berdampak pada pembelajaran yang bervariatif, lebih bermakna dan tidak monoton. Menciptakan suasana belajar lebih kondusif, hidup, menarik, dan menyenangkan, sehingga pembelajaran berlangsung lebih bermakna dan berkualitas. Pembelajaran yang bermakna dan berkualitas akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik sehingga akan mengangkat mutu sekolah atau pendidikan

 

            Ary Fitriaji Atv melaporkan…