Penjelasan Tertib Ruang dan Bangunan dalam Raperda Kota Batu tentang Trantibum

Dalam Raperda Kota Batu tentang trantibum, dijelaskan juga terkait dengan gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Dimana salah satunya menjelaskan tentang tertib tata ruang dan bangunan.

Penjelasan Tertib Ruang dan Bangunan dalam Raperda Kota Batu tentang Trantibum
Penjelasan Tertib Ruang dan Bangunan dalam Raperda Kota Batu tentang Trantibum

AGROPOLITAN.TV - Disebutkan terkait larangan bahwa, setiap orang dilarang mendirikan bangunan dan/atau memanfaatkan ruang yang tidak sesuai peruntukannya dalam rencana tata ruang wilayah yang ditetapkan; mendirikan bangunan tanpa persetujuan; mendirikan bangunan atau benda lain baik permanen maupun semi permanen pada ruang milik jalan, ruang milik sungai, ruang milik waduk, ruang milik taman dan jalur hijau, sehingga mengakibatkan berubahnya fungsi dan peruntukannya.

Selain itu, mendirikan bangunan yang tidak memenuhi persyaratan teknis, keamanan, kenyamanan, dan keselamatan; mendirikan bangunan yang mengganggu lingkungan dan masyarakat sekitar,  pada saat sebelum proses pembangunan, pada saat pembangunan dan setelah pembangunan; dan mendirikan bangunan yang tidak sesuai dengan fungsi dan klasifikasi berdasarkan kan persetujuan.

Dan juga menimbulkan gangguan visual, limbah, pencemaran udara, kebisingan, getaran, radiasi, dan/atau genangan air terhadap lingkungannya di atas baku mutu lingkungan yang berlaku; dilarang merencanakan penempatkan lubang angin/ ventilasi/jendela/dinding kaca pada dinding yang berbatasan langsung dengan tetangga.

      Abraham Patrikha, ATV.