Pengerajin Boneka Kebanjiran Order Dari Mancanegara di Masa Pandemi

Di masa pandemi seperti ini memaksa para pelaku UMKM untuk melakukan inovasi jika ingin usahanya terus berjalan. Seperti yang dilakukan perajin boneka di Malang Jawa Timur. Berkat inovasi pemasaran yang dilakukan saat masa pandemi kini pengrajin tersebut kebanjiran order dari luar negeri.

Pengerajin Boneka Kebanjiran Order Dari Mancanegara di Masa Pandemi

AGROPOLITAN.TV - Di masa pandemi seperti ini memaksa para pelaku UMKM untuk melakukan inovasi jika ingin usahanya terus berjalan. Seperti yang dilakukan perajin boneka di Malang Jawa Timur. Berkat inovasi pemasaran yang dilakukan saat masa pandemi kini pengrajin tersebut kebanjiran order dari luar negeri.

Di rumahnya di kawasan Kedungkandang Kota Malang inilah Sulikah Handayani menjalankan usahanya yakni membuat boneka. Dibantu dua pekerjanya, Sulikah membuat boneka pesanan pembelinya yang justru naik hingga 50 persen di masa pandemi ini. Boneka-boneka buatan Sulikah ini digandrungi para remaja dari luar negeri.

Pesanan Sulikah saat ini banyak datang dari penggemar K-Pop. Mereka mengirim gambar kartun salah satu personil K-Pop untuk dijadikan boneka. 

Naiknya pesanan boneka buatan Sulikah ini tak lepas dari inovasi pemasaran yang dilakukannya. Sejak masa pandemi ia gencar memasarkan usahanya melalui berbagai platform elektronik baik media sosial maupun marketplace. Berkat usahanya tersebut kini pasarnya telah merambah ke luar negeri.

Selain melakukan inovasi di bidang pemasaran Sulikah juga menambah rekanan untuk mencari bahan baku dan pembordir. Pasalnya ia sempat kesulitan mencari bahan baku saat awal masa pandemi.

Harga satu buah boneka buatan sulikah ini berkisar antara 75 hingga 150 ribu rupiah. Untuk satu desain boneka minimum pemesanan 50 buah.

Saiful Akbar ATV