Peminat Terbang Tandem Paralayang Merosot

Pandemi virus corona yang tak kunjung usai, membuat industri pariwisata dirgantara di Gunung Banyak Kota Batu mengalami kemerosotan. Selain jumlah wisatawan yang masih sedikit, peminat terbang tandem paralayang juga merosot.

Peminat Terbang Tandem Paralayang Merosot

agropolitan.tv -Pandemi virus corona yang tak kunjung usai, membuat industri pariwisata dirgantara di Gunung Banyak Kota Batu mengalami kemerosotan. Selain jumlah wisatawan yang masih sedikit, peminat terbang tandem paralayang juga merosot.

Pasca dibuka lagi untuk umum pada juli lalu, wisata dirgantara tandem paralayang di kawasan Gunung Banyak Kota Batu masih belum seramai dulu lagi. Bahkan sejak dicabutnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa waktu lalu, jumlah pengunjung turun hingga 40% dibanding sebelum pandemi.

Saat ini, pada hari biasa rata-rata hanya ada 150 sampai 200 pengunjung per hari. Sementara saat akhir pekan ada 300 sampai 400 pengunjung. Kondisi ini jauh dari saat sebelum Covid-19 menyebar. Dimana pada saat hari biasa jumlah pengunjung bisa mencapai 300 orang, dan saat akhir pekan bisa lebih dari 600 pengunjung.

Menurut Fauzi, salah satu pilot terbang tandem paralayang, selama pandemi setiap pilot tandem paralayang rata-rata hanya bisa terbang 2 kali saja dalam sehari. Padahal dulu bisa 5 sampai 6 kali terbang dalam sehari. Jumlah pilot tandem yang dulunya ada 16 orang per hari, kini tersisa 10 pilot saja yang standby.

Karena masih dalam masa pandemi, saat ini setiap pilot tandem paralayang diminta mengenakan pakaian panjang. Selain untuk mematuhi protokol kesehatan, hal ini juga untuk mencegah terjadinya kontak langsung antara pilot dengan penumpangnya. Oh ya…untuk setiap terbang tandem, setiap penumpang dikenai biaya 400 ribu rupiah. 

Fauzi juga mengatakan, selama ini upaya promosi melalui media sosial juga sudah dilakukan pihak pengelola untuk menarik wisatawan kembali. Namun upaya itu ternyata masih kurang berdampak positif. Akibat sepinya pengunjung, kini jam operasional pun dikurangi. Dari buka 24 jam, kini hanya buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

 Hasan Syamsuri Atv Melaporkan