Pelantikan Pejabat Arsiparis Dilakukan Bertahap Hingga Tahun Depan

Pelantikan pejabat arsiparis di lingkungan Pemkot Batu bakal dilakukan secara bertahap hingga tahun depan. Pemerintah menginginkan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), nantinya memiliki satu orang pejabat arsiparis.

Pelantikan Pejabat Arsiparis Dilakukan Bertahap Hingga Tahun Depan

agropoitan.tv -Pelantikan pejabat arsiparis di lingkungan Pemkot Batu bakal dilakukan secara bertahap hingga tahun depan. Pemerintah menginginkan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), nantinya memiliki satu orang pejabat arsiparis.

Diungkapkan oleh Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, Pemerintah Kota Batu bakal terus melakukan pelantikan pejabat arsiparis hingga semua OPD di lingkungan Pemkot Batu memiliki satu orang pejabat arsiparis. Pelantikan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Targetnya bisa diselesaikan pada pertengahan tahun depan, atau maksimal hingga akhir tahun.

Menurut Walikota, keberadaan pejabat arsiparis ini sangat penting. Sebab penanganan arsip yang dilakukan dengan tidak benar bisa menyebabkan arsip-arsip penting yang merupakan dokumen negara bisa menjadi rusak, terselip, tidak terawat, bahkan hilang. Meski demikian, Walikota tidak menampik jika mencari seseorang untuk dijadikan arsiparis memang tidak mudah. Sehingga tidak bisa dilakukan secara serentak.

Arsiparis adalah seseorang yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan yang diperoleh melalui pendidikan formal dan atau pendidikan dan pelatihan kearsipan serta mempunyai fungsi, tugas, dan tanggung jawab melaksanakan kegiatan kearsipan. Tugas pokok dari seorang arsiparis sendiri adalah melakukan pengelolaan arsip dinamis dan arsip statis, pembinaan kearsipan, serta pengelolaan dan penyajian arsip menjadi informasi.

Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 15 Tahun 2017 tentang Tunjangan Jabatan Fungsional Arsiparis, yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 13 Februari 2017, arsiparis perlu diberikan tunjangan jabatan fungsional yang disesuaikan dengan beban kerja, tanggung jawab dan risiko kerja. Tunjangan diberikan per bulan.

Perpres ini sendiri terbit dalam rangka meningkatkan mutu, prestasi dan produktivitas kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diangkat dan ditugaskan secara penuh dalam Jabatan Fungsional Arsiparis.

 

Hasan Syamsuri Atv Melaporkan