Nikmatnya Ayam Lodho Khas Tulungagung

Berkunjung ke kabupaten tulungagung, takkan lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas-nya yakni ayam lodho. Kuah santannya yang nikmat dan rasa pedasnya yang mantap, menjadikan ayam lodho sangat cocok untuk disantap pada saat musim hujan karena bisa menghangatkan badan.

Nikmatnya Ayam Lodho Khas Tulungagung

agropolitan.tv -Berkunjung ke kabupaten tulungagung, takkan lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas-nya yakni ayam lodho. Kuah santannya yang nikmat dan rasa pedasnya yang mantap, menjadikan ayam lodho sangat cocok untuk disantap pada saat musim hujan karena bisa menghangatkan badan.

Nyaris tak pernah sepi pembeli. Mungkin kalimat ini pas untuk menggambarkan kondisi warung ayam lodho Bu Yayuk. Berada di desa Suruhan Kidul Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung, warung ayam lodho Bu Yayuk merupakan salah satu penjual ayam lodho yang sudah terkenal di Kabupaten Tulungagung.

Keunikan olahan ayam lodho di warung ini terletak pada kuah santannya yang kental/ rasanya yang gurih serta sensasi pedasnya yang mantap. Sehingga sangat cocok untuk disantap pada saat musim hujan seperti saat ini, karena setelah memakan ayam lodho ini tubuh akan terasa lebih hangat.

Masakan ayam lodho di warung ini terasa lebih nikmat dibanding di warung yang lain, karena nasi yang disajikan adalah nasi uduk yang baunya harum dan rasanya sedap. Apalagi jika dipadu dengan urap sayur dan disiram dengan kuah santannya yang pedas, membuat kenikmatan ayam lodho Bu Yayuk terasa lebih komplit.

Jika ada yang belum tahu, ayam lodho adalah ayam kampung yang diolah dengan cara dipanggang setengah matang, lalu dimasak dalam kuah santan yang telah dipadu dengan aneka rempah-rempah dan cabe segar. Sekilas terlihat agak mirip dengan kuah kari pedas, namun yang ini terasa lebih nikmat karena aroma rempahnya lebih terasa.

Ayam lodho biasanya dimasak cukup lama bahkan sampai diinapkan semalam agar bumbunya merasuk, cita rasanya meningkat dan daging ayamnya terasa lebih empuk. Dalam sehari, warung ini bisa menjual hingga 80 ekor ayam lodho. Harga per porsinya 150 ribu yang terdiri dari satu ekor ayam utuh/ nasi uduk dan urap sayur.

Namun jika hanya untuk dimakan sendirian, pengunjung juga bisa membeli per potong. Untuk per porsinya dihargai 20 ribu saja. Warung ayam lodho Bu Yayuk buka setiap hari. Warung ini terletak sekitar 20 kilometer dari alun-alun tulungagung, atau bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor selama kurang lebih 30 menit.

Hasan Syamsuri Atv Melaporkan