Jelang Puncak Musim Hujan, BPBD Himbau Warga Untuk Lebih Waspada

Jelang memasuki puncak musim hujan tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, kembali mengingatkan warga Kota Batu untuk selalu berhati-hati dan meningkat kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana alam. Diprediksi, puncak musim hujan tahun ini akan terjadi mulai Januari mendatang.

Jelang Puncak Musim Hujan, BPBD Himbau Warga Untuk Lebih Waspada

agropolitan.tv -Jelang memasuki puncak musim hujan tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, kembali mengingatkan warga Kota Batu untuk selalu berhati-hati dan meningkat kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana alam. Diprediksi, puncak musim hujan tahun ini akan terjadi mulai Januari mendatang.

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, mengungkapkan bahwa sesuai prakiraan cuaca dari BMKG Juanda, puncak musim hujan akan terjadi selama kurang lebih dua bulan. Yaitu mulai awal Januari hingga Februari tahun depan.

Saat puncak musim hujan berlangsung, intensitas curah hujan akan meningkat sekira 20 persen dari saat sebelum puncak musim hujan. Angin kencang serta petir juga diperkiraan bakal terjadi selama puncak musim hujan berlangsung.

Untuk itu Agung Sedayu kembali mengingatkan warga Kota Batu, agar senantiasa berhati-hati serta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana alam. Diantaranya seperti banjir bandang, banjir luapan air serta pohon tumbang.

Mengingat setiap musim hujan, Kota Batu sering mengalami banjir luapan air. Khususnya yang diakibatkan oleh sumbatan sampah pada saluran drainase, serta akibat kurang luasnya volume saluran drainase yang ada.

Agung berharap dengan selalu berhati-hati dan waspada, nantinya tidak sampai ada korban jiwa. Mengingat bencana alam bisa terjadi sewaktu-waktu dan tanpa terduga. Diantaranya seperti bencana akibat pohon tumbang.

Agung juga berharap kepada warga Kota Batu, untuk bisa segera melaporkan jika mengetahui adanya bencana di lingkungan sekitarnya. Baik kepada Aparat Desa setempat, maupun langsung ke Pusdalops BPBD Kota Batu.

 

 Hasan Syamsuri Atv melaporkan