Hidupkan Literasi Anak di Masa Pandemi, Rotary Club Batu Donasikan Buku dan Alat Tulis

Pandemi Covid-19 membuat kegiatan sekolah banyak dilakukan secara online, yang membuat anak anak kehilangan minat dan fasilitas untuk membaca buku. Guna meningkatkan kembali minat baca dan semangat belajar siswa dalam menambah pengetahuan. Rotary Club Batu mendonasikan buku-buku mata pelajaran, buku tulis, buku mengaji dan alat-alat tulis kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri Wiyurejo Pujon Kabupaten Malang.

Hidupkan Literasi Anak di Masa Pandemi, Rotary Club Batu Donasikan Buku dan Alat Tulis
Hidupkan Literasi Anak di Masa Pandemi, Rotary Club Batu Donasikan Buku dan Alat Tulis

AGROPOLITAN.TV - Selama pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar banyak dihabiskan secara daring (online). Yang membuat siswa cenderung menghabiskan waktu dengan gadget mereka dan membuat anak anak kehilangan minat dan fasilitas untuk membaca buku. Berangkat dari alasan tersebut, Rotary Club Batu melakukan aksi sosial dengan mendonasikan buku pelajaran, buku pengetahuan, buku tulis, buku mengaji dan alat-alat tulis kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri Wiyurejo dan PAUD Al Islah serta PAUD Qurota A’yun, Desa Wiyurejo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Letak SDN Wiyurejo yang cukup jauh membuat perhatian pemerintah kurang begitu terasa terlebih pada fasilitas dan sarana sekolah. Walaupun kegiatan sekolah saat ini daring tetapi tidak semua siswa siswi dapat melakukan kegiatan tersebut. Oleh karena itu buku tulis dan bacaan tetap menjadi acuan anak-anak untuk saat harus belajar di rumah.

Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, mulai dari cuci tangan pakai sabun, pemeriksaan suhu tubuh dan wajib mengenakan masker. Rotary Club Batu bersama District Governor Rotary Indonesia Wilayah Timur melakukan aksi sosial dengan membagikan buku, untuk menggairahkan kembali minat baca dan gemar literasi anak meski dalam masa pandemi.

Romy Junardi DGN (District Governor Nominee) Rotary Indonesia Wilayah Timur mengatakan pihaknya berupaya ikut andil dalam sektor pendidikan di tengah pandemi sekarang ini. Apalagi anak didik di jenjang TK dan SD merupakan masa pertumbuhan dan buku bisa menjadi stimulus pembelajaran. Dengan bantuan buku-buku bacaan sekaligus buku tulis ini bisa meningkatkan pengetahuan di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Mieke Lestari Presiden Rotary Club Batu menjelaskan bahwa aksi sosial tahun ini difokuskan pada literasi, lewat donasi buku. Sebanyak 500 lebih buku dan alat tulis dibagikan kepada siswa di SDN Wiyurejo 1 dan PAUD Al Islah serta PAUD Qurrota A’yun, Desa Wiyurejo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Selain buku dan alat sekolah, siswa juga diajak belajar literasi secara menyenangkan lewat modul wisata literasi siswa. Lewat kegiatan ini Mieke Lestari Presiden Rotary Club Batu berharap selama masa pandemi ini anak-anak tetap belajar di rumah dan terus meningkatkan literasi membacanya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Wiyurejo 1 H Nur Chozin mengaku senang, sekolahnya dipercaya menerima bantuan buku dan alat sekolah. Bantuan ini dirasa sangat tepat sasaran karena disamping dibutuhkan oleh siswa juga minimnya koleksi buku di perpustakaan sekolah. Kepala sekolah berharap bantuan ini bermanfaat bagi anak-anak, dan dengan bantuan ini mereka tetap semangat sekolah meski harus dari rumah.

Ary Punka Aji ATV