Goa Jepang Di Dusun Gerdu Bakal Jadi Destinasi Wisata

Tiga goa di Dusun Gerdu Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, bakal di eksplor untuk dijadikan tempat wisata. Konon, ketiga goa tersebut merupakan goa peninggalan zaman jepang.

Goa Jepang Di Dusun Gerdu Bakal Jadi Destinasi Wisata

agropolitan.tv -Tiga goa di Dusun Gerdu Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, bakal di eksplor untuk dijadikan tempat wisata. Konon, ketiga goa tersebut merupakan goa peninggalan zaman jepang.

Sukses mengembangkan dusunnya menjadi desa tangguh semeru sekaligus desa wisata, rupanya tak cukup membuat puas warga Dusun Gerdu Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Warga berencana akan mengembangkan lagi satu tempat, untuk dijadikan sebagai destinasi wisata baru.

Kondisi lingkungan yang masih orisinil dan nyaris tak tersentuh pembangunan, tak membuat surut warga setempat untuk mengeksplor goa di dusunnya. Tak tanggung-tanggung, ada tiga goa yang akan warga kembangkan untuk menjadi menarik dan mampu mendatangkan wisatawan.

Yuli ismanto, ketua RW 07 Dusun Gerdu, mengungkapkan, tiga goa tersebut awalnya ditemukan oleh salah seorang warga yang sedang mencari rumput untuk pakan ternaknya. Karena dirasa cukup berpotensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata, warga pun berencana untuk mengembangkan goa tersebut.

Konon, menurut cerita turun temurun yang berkembang di warga setempat, ketiga goa tersebut dulunya adalah markas sekaligus tempat persembunyian tentara jepang dari kejaran tentara belanda. Sebab Dusun Gerdu Desa Tulungrejo merupakan jalur lalu lintas tentara belanda, untuk menuju daerah lain seperti mojokerto dan surabaya.

Karena itu pula ketiga goa ini dinamakan goa jepang, karena memang warga meyakini jika goa ini berasal dari zaman pendudukan jepang di indonesia. Keyakinan warga ini juga didukung oleh keberadaan goa jepang lainnya di daerah sekitar dusun mereka. Diantaranya goa jepang yang ada di kawasan Coban Talun.

Untuk membuka akses menuju lokasi goa jepang, warga berencana akan melakukan pavingisasi. Selain itu juga akan dilengkapi dengan area jogging track agar lebih menarik. Termasuk juga akan menjadikan jalur menuju goa jepang ini sebagai jalur hash, agar keberadaannya semakin diketahui oleh masyarakat luas.

Hasan syamsuri, Atv Melaporkan