Gerakan Reboisasi, DISHUT Jatim Tanam 56 Ribu Pohon

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan alam. Dinas kehutanan Provinsi Jawa Timur bersama Pemkot Batu dan Universitas Negeri Surabaya, menggelar gerakan reboisasi hutan yang diwujudkan dengan aksi tanam pohon di taman hutan Raya Raden Soerjo Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Gerakan Reboisasi, DISHUT Jatim Tanam 56 Ribu Pohon
Gerakan Reboisasi, DISHUT Jatim Tanam 56 Ribu Pohon

AGROPOLITAN.TV - Gotong royong nanduri gunung atau bergotong royong menanami gunung adalah gerakan menamam pohon di wilayah pegunungan dan hutan atau reboisasi. secara simbolis, gerakan tanam pohon ini dilakukan di kawasan wisata air panas Cangar Kota Batu. Total ada lima puluh enam ribu bibit pohon yang akan ditanam di kawasan penyangga taman hutan raya, Tahura R Soerjo yang berada di Kota Batu, Mojokerto dan Pasuruan. 

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Ribuan bibit pohon akan ditanam di area yang memiliki sejarah kebakaran hutan. Dengan menanami area tersebut pemulihan kawasan hutan diharapkan bisa terwujud. Kepala dinas kehutanan Provinsi Jawa Timur jumadi menyebut ada tujuh titik 140 hektar yang tersebar di tujuh titik lokasi tahura yang menjadi target reboisasi. Selain itu, penanaman pohon juga tidak serta merta dilakukan namun juga harus memperhatikan, kondisi hutan dan pemilihan vegetasi.

Tidak hanya melakukan penanaman pohon, perawatan dan pengawasan  secara terus menerus juga harus dilakukan. Karwna itulah mahasiswa unesa dan masyarakat di sekitar desa penyangga Tahura R Soerjo dilibatkan untuk menjaga hutan agar tetap lestari.

Ary Punka Aji ATV