Forkopimda Kota Batu Lakukan Deklarasi Anti Korupsi

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu, sepakat lakukan deklarasi anti korupsi. Deklarasi tersebut dilakukan di sela acara Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020, yang berlangsung secara virtual di Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Rabu pagi.

Forkopimda Kota Batu Lakukan Deklarasi Anti Korupsi

agropolitan.tv -Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu, sepakat lakukan deklarasi anti korupsi. Deklarasi tersebut dilakukan di sela acara Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020, yang berlangsung secara virtual di Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Rabu pagi.

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) diperingati setiap 9 Desember, sebagai upaya penyadaran publik bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara yang luar biasa. Tema peringatan Hakordia tahun ini adalah “Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi”.

Acara puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia ini diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara daring dan luring terbatas di Gedung Penunjang Merah Putih KPK, Rabu 16 Desember 2020. Melalui tema yang dipilih, KPK ingin memperkuat komitmen dan kerja sama antar pemangku kepentingan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua KPK, Firli Bahuri, menyampaikan keinginannya untuk memperluas keterlibatan masyarakat secara aktif dalam sosialisasi nilai-nilai antikorupsi. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman termasuk dalam gerakan-gerakan pencegahan korupsi, dan merencanakan tindak lanjut upaya pemberantasan tindak pidana korupsi pada seluruh pemangku kepentingan.

Karena bagi KPK, peringatan Hakordia juga menjadi momentum untuk meningkatkan peran serta masyarakat umum dalam pemberantasan korupsi. Apalagi hal ini sesuai dengan visi KPK yakni, “Bersama seluruh elemen bangsa, mewujudkan Indonesia yang bersih dari korupsi”.

Sementara itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berharap melalui momentum peringatan Hakordia ini, KPK kembali menggugah kesadaran dan mengajak segenap elemen bangsa untuk bersinergi dalam pemberantasan korupsi demi mewujudkan Indonesia maju dan bebas korupsi.

Diakhir acara, seluruh Forkopimda Kota Batu, para Kepala OPD serta semua hadirin, melakukan deklarasi anti korupsi. Bukan hanya itu saja, mereka semua juga melakukan penandatanganan deklarasi anti korupsi sebagai wujud dukungan atas upaya pemerintah dalam memberantas tindak korupsi.

 

 Hasan Syamsuri Atv Melaporkan