Ekskavasi Candi Pendem Temukan Peripih Tempat Simbol Ke Dewaan

Tim eskavasi balai pelestarian cagar budaya Jawa Timur terus melakukan eskavasi candi di desa pendem kecamatan junrejo Kota Batu. Dalam ekskavasi tahap empat candi pendem ditemukan sebuah peripih di dalam sumuran sedalam 2 meter yang terpendam di dalam candi pendem.

Ekskavasi Candi Pendem Temukan Peripih Tempat Simbol Ke Dewaan

agropolitan.tv -Tim eskavasi balai pelestarian cagar budaya Jawa Timur terus melakukan eskavasi candi di desa pendem kecamatan junrejo Kota Batu. Dalam ekskavasi tahap empat candi pendem ditemukan sebuah peripih di dalam sumuran sedalam 2 meter yang terpendam di dalam candi pendem.

Sebuah relik peripih peninggalan sejarah abad 10 di jaman empu sendok sebagai tempat penyimpanan simbol para dewa di temukan di dalam sumuran sedalam dua meter di candi pendem desa pendem kecamatan junrejo Kota Batu Jawa Timur.

Temuan baru di dalam sumuran candi pendem berupah batu peripih ini berbentuk persegi empat dengan ukuran panjang 49 centi meter dan lebar 48 centi meter dengan lubang tengah kotak ukuran 15 x 15 centi meter berada ditengah tengah sumuran dengan di apit dua batu andesit .

Selain peripih dalam galian sumuran sedalam 2 meter juga di temukan sebuah pecahan logam di sekitar peripih.

Menanggapi temuan candi pendem ikatan arkeologi Jawa Timur menjelaskan,temuan peripih di dalam sumuran candi  semakin menguatkan bahwa candi pendem ini merupakan peninggalan sejarah abad 10 jaman nya empu sendok. Dengan di tandai dimana isi didalam relik peripih biasa untuk menempatkan simbol simbol sembilan dewa, sebagai syarat untuk mendirikan bangunan suci di jaman dulu.

Sementara balai pelestarian cagar budaya Jawa Timur merekomendasikan  kepada Pemerintah Kota Batu untuk segera mengambilkan tindakan khusus terkait pelestarian cagar budaya candi pendem. Karena candi tersebut berada di atas tanah milik warga setempat.

Dari hasil eskavasi sebelumnya arkeolog balai pelestarian menemukan beberapa pecahan tembikar dari beberapa wadah berhias,seperti bejana. tempayan,dan vas ditemukan cuma pecahan mulut botol kaca,yang diduga berasal dari masa kolonial. Dan di sekitar candi pendem juga di temukan sebuah yoni dan  nandi ,serta patung dewa. Dan diperkirakan bahwa struktur bata kuno yang berada di situs pendem ini merupakan sisa bangunan candi.

 

Ary Fitriaji Atv Melaporkan...