Dusun Gerdu Berproses Menjadi Kampung Wisata

Pasca diresmikan sebagai Kampung Tangguh Semeru oleh Kapolres Batu, Dusun Gerdu, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, kini tengah bersiap untuk berproses menjadi sebuah Kampung Wisata. Warga berharap nantinya dusun mereka bisa mendapat kunjungan dari banyak wisatawan luar daerah.

Dusun Gerdu Berproses Menjadi Kampung Wisata

agropolitan.tv -Pasca diresmikan sebagai Kampung Tangguh Semeru oleh Kapolres Batu, Dusun Gerdu, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, kini tengah bersiap untuk berproses menjadi sebuah Kampung Wisata. Warga berharap nantinya dusun mereka bisa mendapat kunjungan dari banyak wisatawan luar daerah.


Usai menyandang predikat sebagai Kampung Tangguh Semeru ke-17 di wilayah hukum Polres Batu, warga Dusun Gerdu, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, kini terus bersiap untuk mengembangkan kampung mereka menjadi Kampung Wisata.

Karena alasan tersebut, Dusun Gerdu kini terus berbenah. Sejumlah ornamen unik yang kebanyakan dibuat dari potongan-potongan bambu, telah banyak menghiasi sudut-sudut kampung dengan model yang beragam dan semuanya unik.
 
Menurut ketua RW 07 Yuli Ismanto, warga telah sepakat untuk menjadikan dusun mereka sebagai Kampung Wisata yang nantinya bisa dikunjungi banyak wisatawan. Baik lokal maupun regional.


Untuk menarik minat para wisatawan, kini semua warga di dusun ini diwajibkan untuk berjualan di depan rumah masing-masing. Untuk jenis produk yang dijual diserahkan kepada masing-masing warga sesuai dengan minat masing-masing.
 
Pada tahap awal ini, Kampung Wisata dengan konsep pasar yang menjual produk-produk umkm yang dibuat sendiri oleh warga dusun, dinilai paling pas. Dimana warga harus saling tumbas atau saling membeli produk yang dijual oleh tetangganya.
 


Hal lain yang juga akan dikembangkan lagi adalah konsep wisata tanaman obat keluarga (toga). Sebab sebelumnya Dusun Gerdu sudah dikenal sebagai Kampung Wisata Toga, di dusun ini banyak terdapat taman yang isinya tanaman toga.
 
Selain itu warga juga berencana akan mengembangkan sebuah destinasi wisata baru. Yaitu wisata goa jepang. Menurut Yuli Ismanto, di dusunnya ini terdapat tiga goa yang diduga kuat merupakan goa peninggalan zaman jepang.
 
Dari Kota Batu, Hasan Syamsuri, ATV, Melaporkan