Dekranasda Ajak Komunitas Motivasi UKM Bangkit di Masa Pandemi

Dampak pandemi Covid-19 yang global, sangat dirasakan oleh Pengusaha Kecil dan Menengah (UKM). Tak terkecuali di Kota Batu. Guna memotivasi UKM untuk terus produktif dan bangkit di masa pandemi. Dekranasda Kota Batu menggandeng dinas terkait dan komunitas untuk mendukung UKM lokal.

Dekranasda Ajak Komunitas Motivasi UKM Bangkit di Masa Pandemi
Dekranasda Ajak Komunitas Motivasi UKM Bangkit di Masa Pandemi

AGROPOLITAN.TV - Semakin turunnya level status Covid-19 di Kota Batu membawa harapan besar bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Guna memotivasi UKM untuk terus produktif dan bangkit di masa pandemi. Dekranasda Kota Batu menggandeng Dinas UMKM Koperasi Dan Perdagangan Kota Batu bersama Komunitas Cinta Berkain Malang Raya melakukan kunjungan ke sejumlah pelaku UKM di Kota Batu. Salah satunya ke Batik Bantengan Anjani di Desa Bumiaji Kota Batu.

Kunjungan ini untuk memastikan kondisi para pelaku UKM mampu bertahan dengan kondisi perekonomian mereka selama masa pandemi ini. Kegiatan kunjungan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Batik Nasional, dan rangkaian lomba Hut Kota Batu ke-20. Lewat kunjungan ini Dekranasda ingin tahu bagaimana kondisi pelaku UMKM terutama pengerajin batik yang menjadi ikon Kota Batu saat pandemi Covid-19.

Ketua Dekranasda Kota Batu, Wibi Punjul Santoso menjelaskan kunjungan ini adalah bentuk kepedulian terhadap nasib para pengrajin batik sekaligus membangun solidaritas antara para pengrajin batik yang ada di Kota Batu. Dengan menggandeng dinas terkait dan juga Komunitas Cinta Berkain, Wibi yakin para pengrajin batik bisa terus eksis dan produktif.

Dekranasda sendiri tengah menyiapkan serangkaian pelatihan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia para pengrajin batik, sehingga bisa menghasilkan batik khas Kota Batu yang berkualitas. Dan juga kampanye membeli produk pengrajin lokal, untuk membantu perekonomian pelaku UKM Kota Batu.

Dengan menggandeng Komunitas Cinta Berkain Malang Raya, Dekranasda berharap potensi UKM terutama batik khas Kota Batu mampu lebih dipopulerkan dan dikenalkan kepada khalayak.

Sementara itu Anjani pengrajin Batik Bantengan Desa Bumiaji mengharapkan pembinaan dari Dekranasda yang sangat diperlukan saat ini. Pembinaan supaya UMKM bisa bangkit dan bisa survive di masa pandemi. Pengrajin batik Kota Batu sendiri saat ini mulai menggeliat, berusaha untuk bangkit kembali setelah terdampak pandemi yang membuat omset turun sampai 50 persen lebih.

Ary Punka Aji ATV