Bunga Mawar Rontok Disapu Angin Kencang

Terjadinya angin kencang di wilayah Kota Batu mulai berdampak pada pertanian bunga mawar di Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji. Tak sedikit bunga mawar milik petani rontok akibat tersapu angin kencang.

Bunga Mawar Rontok Disapu Angin Kencang

agropolitan.tv (131020) -Terjadinya angin kencang di wilayah Kota Batu mulai berdampak pada pertanian bunga mawar di Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji. Tak sedikit bunga mawar milik petani rontok akibat tersapu angin kencang.

Angin kencang yang mulai sering melanda wilayah Kota Batu akhir-akhir ini, sedikit banyak telah berdampak kurang bagus pada pertanian bunga mawar di Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji yang merupakan sentra pertanian bunga mawar di Kota Batu.
 
Kencangnya sapuan angin telah membuat banyak pohon mawar di desa ini jadi rusak. Terutama di kebun bunga mawar yang ada di wilayah dusun ngebruk. Tak sedikit tangkai bunga mawar di dusun tersebut yang patah.Bahkan kencangnya terjangan angin juga telah membuat tak sedikit kuncup bunga mawar yang rontok sebelum berkembang. Kondisi ini tentu sangat dikeluhkan oleh para petani setempat, karena hasil panen mereka terancam berkurang.
 
Salah satu petani bunga mawar di Dusun Ngebruk Desa Gunungsari, Sukir Sugianto, mengungkapkan, jika sudah terjadi angin kencang seperti saat ini, biasanya para petani tidak akan bisa mendapatkan hasil panen dalam jumlah yang normal. Biasanya saat terjadi angin kencang, petani hanya bisa memanen sekira 1.000 batang per hektar. Padahal dalam kondisi normal biasanya petani biasa memotong mawar antara 2.000 sampai 3.000 batang per hektar.
 
Setiap hari tak kurang dari 20.000-25.000 tangkai bunga mawar dari Desa Gunungsari yang dijual ke sejumlah kota besar di tanah air. Mulai dari wilayah Malang Raya, Surabaya dan sekitarnya, Bali, Solo, Jogja, Semarang hingga Jakarta bahkan Kalimantan.
 
Pasokan puluhan ribu tangkai bunga mawar tersebut berasal dari sekira 120 orang petani mawar di Kota Batu. Para petani bergabung ke dalam enam kelompok tani. Sementara untuk total luasan lahan kebun mawar sekira 60 hektar.
 
Hasan Syamsuri, Atv, Melaporkan