Buka Musda Pramuka Jatim Gubernur Minta Pramuka Tetap Berwarna Pramuka

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur tahun 2020 di Singhasari Hotel, Kota Batu. Gubernur selaku Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim bersyukur Musda Pramuka Jatim tahun 2020 bisa terlaksana, di tengah bayang bayang pandemi covid-19. Gubernur berpesan agar Pramuka tetap menjadi pramuka, dan memiliki warna Pramuka.

Buka Musda Pramuka Jatim Gubernur Minta Pramuka Tetap Berwarna Pramuka

agropolitan.tv -Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur tahun 2020 di Singhasari Hotel, Kota Batu. Gubernur selaku Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim bersyukur Musda Pramuka Jatim tahun 2020 bisa terlaksana, di tengah bayang bayang pandemi covid-19. Gubernur berpesan agar Pramuka tetap menjadi pramuka, dan memiliki warna Pramuka.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur tahun 2020 di Singhasari Hotel, Kota Batu. acara diawali dengan santunan anak yatim yang merupakan kebiasaan baik Gubernur Jatim sebelum memulai suatu kegiatan, didampingi Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta,  dan Lantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono SH CHRMP. Wagub Jatim Emil Dardak serta Walikota Batu Dewanti Rumpoko.

Ketua Kwarda Jawa Timur, Syaifullah Yusuf dalam sambutannya mengatakan bahwa ia mengakhiri masa jabatan dua periode dengan rasa syukur. Selama menjabat sebagai Ka Kwarda Jatim, Gus Ipul panggilan akrab Syaifullah Yusuf mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur. Baik saat Gubernur Jatim masih dijabat oleh Soekarwo atau pada saat dipimpin oleh Khofifah. Sebagai instrumen Pemerintah pramuka turut berkontribusi dalam pendidikan karakter anak, memperkuat pendidikan karakter memperkuat jembatan pendidikan antara pendidikan di rumah dengan sekolah.

Gus Ipul mengatakan salah satu agenda musda pramuka Jatim adalah untuk memilih Ketua Kwarda Jatim periode 2020-2025. Gus Ipul meminta agar pramuka tetap patuh pada Pemerintah. Terlebih pramuka harus tetap bebas dari dunia politik agar tidak ada singungan dan biar pramuka tetap nyaman.

Sekjen Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Mayjen TNI Bachtiar mengucapkan terima kasih kepada Gus Ipul atas pengabdiannya selama dua periode. Menyampaikan pesan Ka Kwarnas, Komjen (Purn) Drs H Budi Waseso agar pemilihan Ka Kwarda Jatim berpijak pada aturan dan dilaksanakan dengan transparan. Pramuka harus mampu terlibat dalam misi kemanusiaan dan sosial terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini.

Dalam Musda Pramuka Jatim yang mengambil tema “Gerakan Pramuka Jatim Selalu Terdepan” ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selaku Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim meminta agar musda bisa berjalan dengan baik dengan menyiapkan dan membuat program strategis, menyiapkan Kwarda Jatim tetap terdepan.  Pramuka adalah elemen strategis pemerintah. Pramuka menjadi penjaga moral force (kekuatan moral) di negeri ini lewat pendidikan karakter guna menjaga NKRI.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpesan agar Musyawarah Daerah (Musda) Kwarda pramuka Jatim tidak dicampuri dengan urusan politik. Sebagaimana undang-undang 12 tahun 2010 yang menjaga pramuka tetap sesuai dengan jati dirinya. Biarkan pramuka tetap pramuka. Tidak diwarnai oleh warna-warna lain.

Dalam perannya sebagai Ketua Mabida Pramuka Jatim, Khofifah berpesan agar pramuka bisa menjadi kekuatan moral bagi bangsa Indonesia di tengah pesatnya gelombang digitalisasi. "Character building (pembentukan karakter) menjadi penting untuk mengendalikan era ini. Maka saya harap Musda berjalan seiring ide kreatif pramuka menjawab tantangan zaman. 

 

 Ary Fitriaji Atv Melaporkan…