Beragam Benda Sejarah Peninggalan Ditemukan Di Situs Pendem

Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Jawa Timur terus melakukan eskavasi penemuan candi pendem abad x pada jaman mpu sendok di desa pendem kecamatan junrejo Kota Batu. Selama 10 hari melakukan ekskavasi tim arkeolog BPCB menemukan beragam benda peninggal sejarah di lokasi candi maupun di sekitar candi. Dinas Pariwisata Kota Batu sendiri menunggu rekomendasi BPCB terkait tindak lanjut dari situs candi pendem ini.

Beragam Benda Sejarah Peninggalan Ditemukan Di Situs Pendem

agropolitan.tv -Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Jawa Timur terus melakukan eskavasi penemuan candi pendem abad x pada jaman mpu sendok di desa pendem kecamatan junrejo Kota Batu. Selama 10 hari melakukan ekskavasi tim arkeolog BPCB menemukan beragam benda peninggal sejarah di lokasi candi maupun di sekitar candi. Dinas Pariwisata Kota Batu sendiri menunggu rekomendasi BPCB terkait tindak lanjut dari situs candi pendem ini.

Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB  terus melakukan survey  perluasan eskavasi penyelamatan temuan bangunan di tengah ladang milik warga  desa pendem  kecamatan junrejo Kota Batu.

Tujuan ekskavasi  adalah untuk mencari bentuk, keluasan dan fungsi dari struktur bata yang telah nampak dari hasil kegiatan ekskavasi sebelumnya.

Ekskavasi yang telah dilakukan kali ini  berhasil membuka kotak gali seluas 10 m x 8 m, dari luasan galian tersebut berhasil menampakkan profil pondasi bangunan bata berukuran 7,5 m x 7,5 m yang tersusun dari 6 lapis bata, dengan dimensi bata penyusun berukuran panjang 35-36 cm, lebar 25-26 cm/ dan tebal 9-10 cm. Bentuk bangunan memiliki arah orientasi 103 derajat dari arah utara kompas. Dan pada bagian tengah bangunan ditemukan konsentrasi tumpukan bongkahan batu-batu andesit.

Dari hasil eskavasi arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya menjelaskan, ditemukan beberapa pecahan tembikar dari beberapa wadah berhias, seperti bejana, tempayan, dan vas ditemukan cuma pecahan mulut botol kaca, yang diduga berasal dari masa kolonial.

Sementara temuan di sekitar candi pendem juga di temukan sebuah nandi, serta patung dewa dan diperkirakan bahwa struktur bata kuno yang berada di situs pendem ini merupakan sisa bangunan candi.

Tidak hanya bahkan temuan situs diperkirakan bangunan candi di situs pendem diduga kuat merupakan bangunan candi yang disebut dalam prasasti sangguran yang menurut catatan verbeek pada tahun 1836. Yang kini prasasti sangguran tersebut berada di ladang warga Skotlandia, adapun tulisan prasasti sangguran bertuliskan tentang kutukan yang di buat oleh mpu sendok.

Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB jawa timur berharap kepada pemerintah untuk bisa mengambil kembali prasasti sangguran yang berada di Skotlandia tersebut.

Terkait temuan situs candi pendem ini Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata berencana akan mengembangkan cagar budaya tersebut untuk menjadi destinasi wisata baru di Kota Batu sebagai wisata kebudayaan.

Rencana nya temuan situs pendem abad x  pada jaman mpu sendok untuk di jadikan sebagai wisata cagar budaya pihak Pemerintah Kota Batu menunggu rekomendasi hasil kajian Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur. Termasuk rencana pembebasan lahan di sekitaran temuan situs candi pendem.

 

 Ary Fitriaji Atv Melaporkan...