Bandel Tak Pakai Masker, Warga Dihukum Push Up

Sejumlah warga Kecamatan Junrejo Kota Batu mendapat sanksi sosial, akibat tertangkap tangan tidak memakai masker saat berada di ruang publik. Sanksi yang diberikan cukup beragam, mulai dari menyanyi sampai dengan push up.

Bandel Tak Pakai Masker, Warga Dihukum Push Up

agropolitan.tv -Sejumlah warga Kecamatan Junrejo Kota Batu mendapat sanksi sosial, akibat tertangkap tangan tidak memakai masker saat berada di ruang publik. Sanksi yang diberikan cukup beragam, mulai dari menyanyi sampai dengan push up.

Operasi yustisi dan cipta kondisi dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19, terus digalakkan oleh Pemerintah Kota Batu dan tim gabungan yang terdiri dari anggota TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, dan Dinas Perhubungan Kota Batu.

Kali ini, operasi tersebut digelar di sekitar kawasan bundaran dekat simpang lima Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. Hasilnya, tak sedikit warga setempat yang terjaring dalam razia tersebut.

Kebanyakan warga yang terjaring adalah mereka yang tidak memakai masker. Selain itu juga warga yang berkendara namun tidak memakai helm. Termasuk juga warga pengendara motor yang berboncengan tiga.

Mereka yang terjaring langsung di data oleh petugas. Selanjutnya hukuman pun diberikan. Namun karena hukuman berupa denda masih belum diterapkan, maka warga hanya diberi sanksi sosial. 

Bentuk sanksinya beragam. Ada yang diminta untuk push up. Ada pula yang diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selain itu ada juga yang diminta untuk mengucapkan pancasila dan mengucapkan janji untuk selalu memakai masker.

Setelah menjalankan sanksi sosial yang diberikan, selanjutnya para petugas memberikan nasehat dan meminta warga untuk selalu mentaati protokol kesehatan. Sebab jika terjaring lagi, maka denda berupa uang akan dijatuhkan.

Operasi yustisi dan cipta kondisi dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19 ini, merupakan tindak lanjut dari turunnya INPRES No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Hasan Syamsuri, Atv Melaporkan