Angka Pelanggaran IMB Di Kota Batu Masih Tinggi

Angka pelanggaran terkait izin mendirikan bangunan atau IMB di Kota Batu, dinilai masih sangat tinggi. Setiap tahunnya masih terjadi ratusan pelanggaran IMB.

Angka Pelanggaran IMB Di Kota Batu Masih Tinggi

agropolitan.tv -Angka pelanggaran terkait izin mendirikan bangunan atau IMB di Kota Batu, dinilai masih sangat tinggi. Setiap tahunnya masih terjadi ratusan pelanggaran IMB.

Hal tersebut diungkapkan oleh anggota DPRD Kota Batu, Didik Machmud. Menurutnya dalam setahun jumlah pelanggaran IMB yang terjadi di Kota Batu jumlahnya mencapai ratusan. Pada 2019, jumlah pelanggar IMB ada sebanyak 225. Sedangkan pada 2020 sampai dengan September lalu, tercatat ada sebanyak 128 pelanggaran.

Didik pun meminta kepada pihak Satpol PP dan Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK), untuk lebih mengefektifkan peran dari Tim Penegakan Perda Kota Batu dengan langsung melakukan eksekusi terhadap setiap pelanggaran yang terjadi.

Disisi lain akibat tingginya angka pelanggaran IMB di Kota Batu ini, juga membuat DPRD Kota Batu memutuskan untuk memberikan tambahan anggaran kepada pihak dinas sebanyak 2 Miliar di APBD 2021. Tambahan tersebut dimaksudkan untuk digunakan melengkapi fasilitas sarana dan prasarana 'perizinan keliling'.

Anggota Komisi A DPRD Kota Batu, Ludi Tanarto, mengatakan, anggaran 2 Miliar itu akan digunakan untuk membeli dua motor dan sebuah mobil sekaligus dengan peralatan pendukungnya. Jadwal perizinan keliling akan berlaku pada hari kerja. Sehingga diharapkan pelayanan perizinan keliling tersebut bisa lebih mudah diakses.

Manfaat besar lainnya yang diharapkan adalah untuk mengurangi angka pelanggar IMB, serta bisa menambah PAD. Untuk itu Ludi berharap pihak dinas nantinya bisa lebih maksimal dalam melayani masyarakat, mengingat PAD Kota Batu pada 2020 ini mengalami penurunan akibat terjadinya pandemi covid-19.

 

 Hasan Syamsuri Atv Melaporkan