Anggota Satpol PP Pemkot Batu Jalani Tes Kebugaran

Anggota Satpol PP Pemkot Batu jalani tes kebugaran di halaman parkir timur Balaikota Among Tani, Rabu pagi. Tes kebugaran ini merupakan bagian dari pembinaan anggota, yang rutin dilakukan setiap menjelang akhir tahun.

Anggota Satpol PP Pemkot Batu Jalani Tes Kebugaran

agropolitan.tv -Anggota Satpol PP Pemkot Batu jalani tes kebugaran di halaman parkir timur Balaikota Among Tani, Rabu pagi. Tes kebugaran ini merupakan bagian dari pembinaan anggota, yang rutin dilakukan setiap menjelang akhir tahun.

Tes kebugaran bagi para anggota Satpol PP Pemkot Batu, digelar oleh pihak Satpol PP dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kota Batu. Para peserta tes kebugaran adalah anggota Satpol PP yang berstatus sebagai tenaga honorer dan bantuan polisi (Banpol) PP. Sementara tes kebugaran yang dijalani adalah tes fisik berupa lari-lari kecil mengelilingi halaman parkir dan juga tes tekanan darah.

Kepala Satpol PP Kota Batu, Muhammad Nur Adhim mengatakan bahwa tes kebugaran ini merupakan agenda rutin yang dilakukan Satpol PP setiap menjelang akhir tahun. Tujuannya untuk mengetahui kondisi fisik dari para anggota. Dari hasil tes kebugaran ini, nantinya akan dilakukan pembinaan lebih lanjut. Khususnya bagi para anggota yang hasil tes fisiknya kurang bagus.

Adhim mengungkapkan, dalam upaya mengoptimalkan penegakan Peraturan Daerah (Perda), Satpol PP Kota Batu minimal harus memiliki 185 personel. Sementara saat ini jumlah personel yang dimiliki hanya 129 personel, 15 diantaranya berstatus tenaga honorer yang direkrut pada 2020 ini. Artinya Satpol PP masih membutuhkan tambahan 56 personel lagi agar bisa menjalankan tupoksinya secara optimal.

Namun untuk menambah jumlah personel bukanlah perkara mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Untuk menutupi kekurangan secara kuantitas tersebut, pihak Satpol PP berupaya melakukan peningkatan secara kualitas. Dan hal inilah yang kini dilakukan pada 77 personelnya. Terdiri dari 27 personel berstatus honorer dan 50 personel bantuan polisi (Banpol) PP.

Kepada 77 personel ini terus dilakukan peningkatan kualitas yang terfokus pada kebugaran fisik, program pembinaan serta pemahaman tujuan dan fungsi Satpol PP. Tes kebugaran ini merupakan lanjutan dari program pembinaan yang dilakukan pada 2-7 November lalu. Materi pembinaan yang diberikan pada waktu itu meliputi SOP dan aturannya, berlanjut pada simulasi tugas serta peraturan baris berbaris (PBB).

 

 Hasan Syamsuri Atv Melaporkan